Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Laksa Bogor, Kuliner Bogor yang Unik

Bogor merupakan salah satu kota yang terdapat di Provinsi Jawa Barat. Sebagaimana kota-kota lainnya di Indonesia, Bogor juga memiliki makanan khasnya tersendiri, salah satunya yaitu Laksa Bogor. Laksa Bogor sedikit berbeda dengan laksa yang ada di daerah Kepulauan Riau yang mana berasal dari sagu, sedangkan Laksa Bogor merupakan campuran dari berbagai bahan dan tidak menggunakan sagu. Untuk lebih jelasnya, yuk kita bahas lebih lanjut.


Laksa Bogor (detik)
Laksa Bogor (detik)



Lokasi Penjualan


Dalam menjajakan Laksa Bogor terdapat dua macam tipe. Tipe pertama adalah gerobak dorong atau pikul. Mereka biasanya berkeliling dalam menjajakan jualannya. Tipe kedua adalah warung tenda atau warung makan, tipe ini biasanya lokasinya tetap dan mudah dicari. Kalau soal mana yang lebih enak, semuanya tergantung selera masing-masing.

Pedagang Laksa Bogor
Pedagang Laksa Bogor (Wikimedia Commons)


Bahan dan Kandungan Laksa Bogor


Laksa Bogor terdiri dari bahan-bahan utama yaitu ketupat, toge, potongan oncom, daun kemangi serta bihun. Semua bahan tersebut ditaruh di dalam mangkuk, yang kemudia disiram dengan kuah santan yang kental dan juga berbumbu. Sehingga jadilah Laksa Bogor makanan berkuah santan yang berwarna kuning.


Bahan Laksa Bogor
Bahan Laksa Bogor (Detik food)

Dalam proses pembuatannya, kuah yang sudah disiram ke mangkuk akan dituangkan kembali ke dalam panci. Lalu diberi kuah lagi, kemudian kuah didalam mangkuk tadi dituangkan kembali kedalam panci. Hal ini dilakukan sebanyak dua kali. Maksud dari tindakan ini adalah untuk mematangkan dan melayukan bahan-bahan tersebut.

Kuah Laksa Bogor yang dituang ke panci
Kuah Laksa Bogor yang dituang ke panci (Wikimedia Commons)


Setelah layu dan matang, bahan-bahan itu baru disiram lagi dengan kuah. Kuahnya berisi telur dan juga tahu. Bila mau bisa juga ditambahkan dengan ikan, udang, telur atau ayam.

Itu dia sekilas tentang Laksa Bogor, semoga bermanfaat

Post a comment for "Laksa Bogor, Kuliner Bogor yang Unik"

loading...
loading...