Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Soal Latihan, Ulangan, Ujian dari Hukum Ohm

Halo teman-teman dalam artikel kali ini masharist.com akan membagikan tentang soal-soal Hukum Ohm

Pada artikel ini, masharist.com hanya akan membagikan contoh soal-soalnya saja. Sedangkan pembahasan dan contoh soalnya dapat dilihat disini.

Bila ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar. Dan jangan lupa share artikel ini ya. Terimakasih.

Semoga bermanfaat

 

Kumpulan Soal Latihan, Ulangan, Ujian dari Hukum Ohm
Kumpulan Soal Latihan, Ulangan, Ujian dari Hukum Ohm


Kumpulan Contoh Soal Hukum Ohm

Soal nomor 1

Suatu rangkaian listrik tertutup yang terdiri dari sumber daya berupa baterai dan beban lampu pijar. Rangkaian tersebut mampu menghantarkan arus listrik sebesar 4 ampere. Akan tetapi, dikarenakan lampu pijar pada rangkaian tersebut hanya dapat menyala jika dialiri listrik sebesar 20 volt maka dipasanglah resistor sebesar 6 Ohm untuk menurunkan tegangan dari baterai. Berapa besar tegangan listrik awal baterai sebelum dipasang  resistor?
 

Soal nomor 2

Sebuah rangkaian sederhana dimana memiliki hambatan berturut-turut R1=3 Ohm, R2=(R1x4)/3 Ohm dan R3=R1+2R2 Ohm sebagaimana gambar dibawah. Bila arus yang mengalir pada rangkaian paralel dibawah adalah 1 Ampere. Tentukan nilai V1, V2 dan V3 serta nilai Vtotal?

Soal nomor 3

Sebuah rangkaian terdapat dua buah resistor dengan nilai hambatan masing-masing 18 Ω dan 3 Ω .Resistor secara paralel. Kuat arus total adalah 3,2 Ampere. Hitung Tegangan pada rangkaian.

Soal nomor 4

Tentukan tegangan listrik suatu rangkaian listrik dimana arus yang mengalir sebesar 3 A resistor yang dipasang sebesar 15 Ω.

Soal nomor 5

Perhatikan Gambar dibawah. Berapa nilai Beda Potensial bila diketahui Kuat arus listrik adalah 2,5 Ampere.

 Contoh Soal Hukum Ohm

Soal nomor 6 

Perhatikan gambar berikut. Bila diketahui R1 dan R2 bernilai sama yaitu 21 Ohm dan kuat arus yang mengalir 2 Ampere. Hitunglah tegangannya.

Contoh Soal Hukum Ohm

Soal nomor 7

Perhatikan gambar dibawah. Bila diketahui kuat arus yang mengalir 3,5 Ampere. Hitunglah tegangannya.

Contoh Soal Hukum Ohm

Soal nomor 8

Sebuah rangkaian sederhana dimana memiliki hambatan berturut-turut R1=2 Ohm, R2=(R1/2)-4+7 Ohm dan R3=R2+3 Ohm sebagaimana gambar dibawah. Bila arus yang mengalir pada rangkaian seri dibawah adalah 3 Ampere. Tentukan nilai V1, V2 dan V3 serta nilai Vtotal?
Contoh Soal Hukum Ohm

Soal nomor 9

Sebuah rangkaian listrik memiliki kuat arus sebesar 3 Ampere, dan hambatan seri sebanyak 2 buah dengan nilai masing-masing 7 Ohm dan 14 Ohm. Tentukan berapa beda potensial yang terjadi pada rangkaian tersebut ?
 

 Contoh Soal Hukum Ohm

Soal nomor 10

Perhatikan gambar dibawah. Tentukan nilai V total. Bila diketahui R1=12 R2=R1-2 R3=((R1/2)x3) R4=R1+4 dan Kuat arus yang mengalir 3 Ampere.


Soal nomor 11

Apabila sebuah Resistor R memiliki beda potensial pada kedua ujungnya sebesar V. Tentukan besar rasio perbandingan beda potensial mula-mula terhadap beda potensial akhir resistor R apabila Kuat arus dinaikkan menjadi 50% kali dari nilai awal?

Soal nomor 12

Apabila sebuah Resistor R memiliki beda potensial pada kedua ujungnya sebesar V dan dialiri sebuah arus litsrik I. Tentukan besar rasio perbandingan kuat arus mula-mula terhadap kuat arus akhir, apabila resistor R dinaikkan menjadi 2,5 kali dari nilai awal?

Soal nomor 13

Tentukan kuat arus yang mengalir bila tegangan listrik suatu rangkaian listrik sebesar 25 Volt resistor yang dipasang sebesar 30 Ω.

Soal nomor 14

Sebuah rangkaian listrik memiliki hambatan seri sebanyak 2 buah dengan nilai masing-masing 12 Ohm dan 22 Ohm. Tentukan kuat arus bila beda potensial yang terjadi pada rangkaian tersebut adalah 30 Volt?

Soal nomor 15

Sebuah rangkaian terdapat dua buah resistor dengan nilai hambatan masing-masing 6 Ω dan 18 Ω .Resistor secara paralel. Tegangan total adalah 4 Volt. Hitung Kuat arus listrik pada rangkaian.

Soal nomor 16

Suatu rangkaian listrik tertutup yang terdiri dari sumber daya berupa baterai dan beban lampu pijar. Pada percobaan pertama dicoba digunakan baterai berkapasitas 24 volt. Selanjutnya pada percobaan kedua tegangan dari baterai diturunka menjadi setengahnya. Bila didapati hambatan sebesar 6 Ohm pada rangkaian. Tentukan nilai kuat arus awal dan akhir dari rangkaian tersebut.

Soal nomor 17

Perhatikan Gambar dibawah. Berapa nilai Kuat arus listrik bila beda Potensial bila diketahui adalah 44 Volt.R1=10 dan R2=R1-2

Contoh Soal Hukum Ohm

Soal nomor 18

Perhatikan gambar berikut. Bila diketahui R1 dan R2 bernilai sama yaitu 15 Ohm dan tegangan 10 Volt. Hitunglah Kuat arus listrik.

Contoh Soal Hukum Ohm

Soal nomor 19

Perhatikan gambar dibawah. Bila diketahui Tegangan (V) 36 Volt. Hitunglah Kuat arus listrik (I)

Contoh Soal Hukum Ohm

Soal nomor 20

Sebuah rangkaian sederhana dimana memiliki hambatan berturut-turut R1=4 Ohm, R2=R1+4 Ohm dan R3=R2+4 Ohm sebagaimana gambar dibawah. Bila nilai beda potensial yang megalir pada rangkaian adalah 50 Volt. Tentukan kuat arus yang mengalir pada rangkaian seri dibawah.  

Contoh Soal Hukum Ohm

Soal nomor 21

Sebuah rangkaian sederhana dimana memiliki hambatan berturut-turut R1=3 Ohm, R2=4 Ohm dan R3=3R2 Ohm sebagaimana gambar dibawah. Dialiri tegangan listrik sebesar 2 Volt. Tentukan arus yang mengalir pada rangkaian pada titik R1, R2, dan R3 serta nilai Kuat arus total atau I total.


Contoh Soal Hukum Ohm

Soal nomor 22

Perhatikan gambar dibawah. Terdapat sebuat rangakaian listrik sederhana. Bila diketahui nilai tegangan pada rangkaian adalah 80 Volt dan nilai R1=(Voltase/8) +2) R2=R1+4 R3=48 R4=14. Tentukan Kuat arus listrik yang mengalir?


Contoh Soal Hukum Ohm

 

Soal nomor 23

Diketahui sebuah rangkaian listrik menggunakan tegangan listrik sebesar 50 Volt dimana arus yang mengalir sebesar 2 A. Tentukan resistor untuk rangkaian tersebut.

Soal nomor 24

Sebuah rangkaian listrik memiliki kuat arus sebesar 2 Ampere, dan beda potensial suatu rangkaian tersebut adalah 18 Volt. Pada rangkaian terdapat hambatan seri sebanyak 2 buah dengan nilai masing-masing 10 Ohm dan R2 Ohm. Tentukan berapa nilai R2 pada rangkaian tersebut ?

Soal nomor 25

Sebuah rangkaian terdapat dua buah resistor dengan nilai hambatan masing-masing 9 Ω dan R2 Ω .Resistor disusun secara paralel. Kuat arus total adalah 1 Ampere dan tegangan suatu rangkaian tersebut adalah 4 Volt.Hitung nilai R2.

Soal nomor 26

Perhatikan Gambar dibawah. Nilai Beda Potensial 44 volt, bila diketahui Kuat arus listrik adalah ((Voltase/4)+1)/6)) Ampere. Tentukan Hambatan total.

 Contoh Soal Hukum Ohm

Soal nomor 27

Perhatikan gambar berikut. Kuat arus yang mengalir pada rangkaian 3 Ampere. Sedangkan tegangan pada rangkaian adalah 21 Volt. Bila diketahui R1 dan R2 bernilai sama, tentukan nilai R1, R2 dan R total.

Contoh Soal Hukum Ohm

Soal nomor 28

Tentukan R total dari gmbar dibawah ini bila R1=R2=R3=9 Ohm, R4=R5= ((R1/3)+5) Ohm, R6=((R1+R3)+1) Ohm, R7=R8=R9=((R1+1)-7) Ohm.

 

Contoh Soal Hukum Ohm

Semoga dengan contoh-contoh soal ini semakin mengasah kemampuan teman-teman dalam menjawab soal-soal Hukum Ohm baik dalam latihan, ulangan ataupun ujian. Pembahasan dan contoh soalnya dapat dilihat disini.

Bila ada yang keliru dan ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar. 

Selamat belajar!

Post a comment for "Kumpulan Soal Latihan, Ulangan, Ujian dari Hukum Ohm"