Gambarlah rantai makanan yang terdapat di hutan dalam bentuk bagan! Jelaskan aliran energi yang terdapat dalam rantai makanan tersebut!

Gambarlah rantai makanan yang terdapat di hutan dalam bentuk bagan! Jelaskan aliran energi yang terdapat dalam rantai makanan tersebut!

Jawaban dan Pembahasan

Aliran energi merupakan proses berpindahnya energi dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya.

Saat proses memakan, makhluk hidup mendapatkan energi untuk kelangsungan hidupnya. Energi tersebut kemudian akan berpindah saat makhluk hidup tersebut dimakan oleh makhluk hidup lainnya. Namun, ada sebagian energi yang dilepaskan ke lingkungan. Misalnya di dalam hutan terjadi rantai makanan dari:

Rumput →tikus→ ular →elang.

 

Pada rantai makanan tersebut rumput memiliki energi yang paling besar, sedangkan elang memiliki energi yang paling sedikit. Hal ini dikarenakan efisiensi energi yang disalurkan ke organisme berikutnya adalah 10%, sisanya 90% akan dilepaskan dalam bentuk feses, hasil respirasi, dan energi lain yang dilepaskan ke Lingkungan. Jika makhluk hidup mati, energi akan berpindah ke pengurai melalui proses penguraian makhluk hidup yang mati. Pengurai kemudian akan melepaskan energi panas ke lingkungan.

 

Terinspirasi oleh : https://roboguru.ruangguru.com/

https://brainly.co.id/tugas/13095605

Post a Comment for "Gambarlah rantai makanan yang terdapat di hutan dalam bentuk bagan! Jelaskan aliran energi yang terdapat dalam rantai makanan tersebut!"

 KLIK DISINI ===> LINK