Pendapatan Nasional : Pengertian, Manfaat dan Tujuan

Assalammualaikum wr.wb.

Salah satu yang menjadi tolok ukur keberhasilan perekonomian dari suatu negara dapat diukur dari pendapatan nasionalnya. Pendapatan nasional cukup representatif dan lazim digunakan. Pendapatan nasional tak hanya berguna untuk menilai perkembangan ekonomi suatu negara dari masa ke masa, tetapi juga dapat digunakan untuk membandingkannya dengan negara lain.


Pendapatan Nasional : Pengertian, Manfaat dan Tujuan
Pendapatan Nasional : Pengertian, Manfaat dan Tujuan


A. Pengertian Pendapatan Nasional

Pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan masyarakat suatu negara dalam periode tertentu (biasanya satu tahun).

Masyarakat sebagai pelaku kegiatan ekonomi akan terus berusaha memperoleh pendapatan guna memenuhi seluruh kebutuhan sehingga menjadikan masyarakat makmur.

Apabila seluruh pendapatan atau pengeluaran yang dilakukan oleh pelaku ekonomi di dalam suatu negara dijumlahkan akan terbentuklah pendapatan nasional. Besarnya suatu pendapatan nasional dipengaruhi oleh besarny jumlah produk yang dihasilkan oleh para pelaku ekonominya.

Pada konsep pendapatan nasional, kegiatan masyarakat didalam berbagai sektor ekonomi akan mempengaruhi tingkat pendapatan nasional. 

Pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima seluruh pelaku ekonomi dalam suatu negara selama satu tahun. Pendapatan nasional dapat diartikan dari tiga pendekatan yaitu pendekatan produksi, pendekatan pedapatan, dan pendekatan pengeluaran.

Adapun yang mempengaruhi pendapatan nasional adalah keseluruhan permintaan dan penawaran, konsumsi dan tabungan, investasi, kualitas sumber daya manusia, keadaan sumber daya alam, ketersediaan modal, dan stabilitas dan kebijakan yang mantap.

Pendapatan nasional menggambarkan tingkat produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam kurun waktu satu tahun tertentu. Dengan demikian pendapatan nasional memiliki peran penting dalam menggambarkan tingkat kegiatan ekonomi yang dicapai serta perubahan dan pertumbuhannya dari tahun ke tahun. 

Kegiatan perekonomian negara dalam menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat, merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Aktivitas tersebut melibatkan individu, keseluruhan masyarakat baik pemerintah, swasta, dan rumah tangga. Setiap negara akan mengumpulkan berbagai informasi mengenai kegiatan ekonominya agar secara kontinu dapat diperhatikan perubahan-perubahan tingkat dan corak kegiatan ekonomi yang berlaku.


B. Manfaat Pendapatan Nasional

Berikut adalah beberapa manfaat dari mempelajari pendapatan nasional

1. Struktur ekonomi dari suatu negara dapat diketahui dan dianalisisi apakah struktur ekonomi industri, agraris, atau jasa.

2. Perekonomian dari waktu ke waktu dapat dibandingkan. Seperti yang diketahui pendapatan nasional dicatat setiap tahun.

3. Perekonomian antarnegara di dunia dapat dibandingkan satu dan lainnya.

4. Sebagai acuan bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi nasional.


C. Tujuan Pendapatan Nasional

Berikut adalah manfaat dari  mempelajari pendapatan nasional yaitu:

1. Mengeatahui taksiran akurat tentang nilai barang dan jasa yang dihasilkan masyarakat suatu negara dalam satu tahun.

2. Mempermudah perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan berjangka untuk mencapai tujuan pembangunan.

3. Mengkaji dan mengendalikan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat perekonomian suatu negara.


sumber : MODUL PEMBELAJARAN SMA KELAS XI

Post a Comment for "Pendapatan Nasional : Pengertian, Manfaat dan Tujuan"

 KLIK DISINI ===> LINK