Bagaimana gejala primer yang dialami remaja saat memasuki masa pubertas?

Bagaimana gejala primer yang dialami remaja saat memasuki masa pubertas?

Jawaban dan Pembahasan

Gejala primer yang dialami remaja saat memasuki masa pubertas adalah tanda awal/pertama seseorang memasuki masa pubertas yaitu ditandai matangnya organ reproduksi. Pada laki-laki adalah mimpi basah, sedangkan pada perempuan adalah menstruasi. Gejala primer dapat disebut pula perubahan primer. Terdapat pula perubahan sekunder yaitu perubahan yang menyertai perubahan primer, umumnya bersifat nampak seperti perubahan fisik dan psikis.

Pada awal masa remaja, terjadi perubahan-perubahan fisik yang mencolok karena mulai diproduksinya hormon pertumbuhan dan reproduksi. Hormon tersebut memicu terjadinya perubahan pada tubuh. Perubahan tersebut meliputi perubahan primer dan sekunder.

Perubahan primer adalah perubahan yang terjadi di dalam tubuh manusia, sedangkan perubahan sekunder adalah perubahan fisik yang tampak pada tubuh. Perubahan/gejala primer yang terjadi pada masa pubertas yaitu pada perempuan, terjadi menstruasi yang menandakan bahwa sel telur (ovum) telah matang, sedangkan pada laki-laki, tubuh sudah mampu memproduksi sel sperma.

Terinspirasi oleh : Brainly.co.id dan https://roboguru.ruangguru.com/

Post a Comment for "Bagaimana gejala primer yang dialami remaja saat memasuki masa pubertas?"

 KLIK DISINI ===> LINK