Mengenal dan Membaca Macam Gambar Konstruksi

Dalam pengerjaan suatu proyek tak lepas dengan yang namanya gambar. Gambar ini dikenal dengan nama Gambar Konstruksi. Gambar Konstruksi berfungsi sebagai acuan dalam proses pembuatan sebuah bangunan atau pekerjaan. Berikut pembagian dan penjelasan beberapa gambar konstruksi

Mengenal dan Membaca Macam Gambar Konstruksi
Mengenal dan Membaca Macam Gambar Konstruksi.
Image by Jean-Paul Jandrain from Pixabay



Gambar Denah


Kata Denah berasal dari bahasa latin "planum" yang berarti "dasar". Denah merupakan dasar dan juga salah satu bagian terpenting dalam gambar konstruksi. Denah juga diartikan sebagai gambar potongan suatu bangunan pada arah horizontal atau bidang datar dengan ketinggian antara ± 80 hingga 100 cm diatas lantai normal ( ± 0,00) sehingga terlihat tampak atas dari bangunan tersebut. Dalam Bahasa Inggris ia juga disebut "floor plan". Hal ini dikarenakan kita dapat melihat keseluruhan dari lantai rumah kita.

Selain pengertian diatas, ada juga yang mengartikan denah sama dengan "site plan" . Yaitu tampak atas letak detail suatu lokasi dari suatu bangunan terhadap lingkungan sekitarnya.

Fungsi dari denah adalah memberikan informasi terkait bangunan yang akan kita bangun. Seperti luasnya, batas-batasnya, ketinggian lantai, arah membuka pintu/jendela serta notasi-notasi lainnya. Gambar denah dan site plan  dapat dilihat di bawah ini.

Denah Rumah
Denah Rumah. roomsketcher.com        

Denah Site Plan
Denah Site Plan. arizaplumcreek.com

Gambar Kerja atau Gambar Teknik


Gambar kerja atau gambar teknik merupakan gambar yang memuat detail-detail serta informasi teknis setiap pekerjaan komponen bangunan. Seperti matrial yang dipakai, posisi pondasi, kolom-balok dan lain-lain. Beberapa komponen dari gambar kerja adalah :
1. Gambar pondasi
2. Gambar kuda-kuda dan atap
3. Gambar dinding dan plesteran
4. Gambar penulangan beton ( sloof, kolom dan ring balok)
5. Gambar kusen pintu dan jendela serta daunnya
6. Gambar Plafon
7. Gambar Instalasi listrik, air dan plumbing


Gambar Kerja Pondasi. Arsitag.com
  

Gambar Potongan


Salah gambar konstruksi yang tidak kalah penting adalah gambar potongan. Gambar potongan merupakan gambar dari suatu bangunan yang dipotong atau diproyeksikan pada arah vertikal dan memperlihatkan bagian serta isi dari bangunan yang dipotong.

Gambar potongan memiliki fungsi menunjukkan semua bagian-bagian eksterior maupun interior yang akan digunakan serta sistem bangunan tersebut seperti plumbing, mekanikal dan sebagainya. Tak hanya itu, potongan juga berfungsi untuk menunjukkan struktur bangunan dan dimensi tinggi ruang.

Gambar potongan terdiri atas potongan melintang dan memanjang. Bila suatu kontruksi tersebut sangat kompleks, maka ditambahkan notasi pada penamaan gambar potongan, seperti potongan A-A, B-B,  atau dengan angka seperti potongan 1 – 1, 2 – 2, dan bisa juga menggunakan angka romawi, seperti potongan I – I , II – II, dst , atau simbol-simbol lainnya.


Potongan Melintang dan Memanjang Rumah
Potongan Melintang dan Memanjang Rumah. tekomars08.blogspot.com




Gambar Tampak


Gambar tampak merupakan proyeksi orthogonal dari suatu bangunan dalam empat sisi, yaitu tampak depan, belakang, samping kanan dan samping kiri. Untuk lebih simplenya, gambar tampak merupakan wujud luar fisik dari suatu bangunan. Ianya juga memiliki fungsi sebagai karakter bangunan itu, proporsi dan skala, serta keindahannya.

Gambar Tampak Rumah
Gambar Tampak Rumah. wikipie.com

Gambar Rencana


Gambar denah, potongan-potongan, gambar teknis/kerja serta tampak biasanya digabungkan menjadi satu kesatuan dalam kertas gambar dan disebut gambar rencana bangunan. Yang mana ianya merupakan dasar dari pelaksanaan bangunan tersebut. Dan gambar-gambar tersebut juga diperlukan dalam mengurus IMB (Ijin Mendirikan Bangunan).

Gambar Rencana
Gambar Rencana. dpmptsp.purbalinggakab.go.id


Itu dia beberapa Macam Gambar Konstruksi, semoga bermanfaat untuk kita semua. amin


EmoticonEmoticon