Sunday, 1 September 2019

10 Manfaat Teh yang Harus Kamu Ketahui

Teh adalah nama yang diberikan kepada banyak tanaman, tetapi para puritan atau peramu teh menganggap hanya teh hijau (green tea), teh hitam(black tea), teh putih (white tea), teh oolong (oolong tea), dan teh pu-erh (pu-erh tea) yang asli. Mereka semua berasal dari tanaman Camellia sinensis, semak asli Cina dan India, dan mengandung antioksidan unik yang disebut flavonoid. Yang paling ampuh dari ini, dikenal sebagai ECGC, dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat berkontribusi pada kanker, penyakit jantung, dan arteri yang tersumbat.

Semua teh ini juga mengandung kafein dan theanine, yang memengaruhi otak dan tampaknya meningkatkan kewaspadaan mental. Teh merupakan minuman yang sering kita temui setiap hari. Baik untuk sarapan maupun untuk sekedar menyegarkan tenggorokan. Namun apakah sebenarnya manfaat dari teh? apakah manfaat teh yang sering kita dengar dapat dibuktikan secara ilmiah? Berikut manfaat teh yang dapat dibuktikan secara ilmiah.

Manfaat Teh yang Perlu kita Ketahui
Manfaat Teh yang Perlu kita Ketahui.Pixabay



Manfaat Teh yang Telah dibuktikan Secara Ilmiah


1.Teh dapat meningkatkan daya tahan olahraga. Para ilmuwan telah menemukan bahwa katekin (antioksidan) dalam ekstrak teh hijau meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak sebagai bahan bakar, yang menyumbang peningkatan daya tahan otot.(https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15563575)

Pria yang berolahraga
Pria yang berolahraga. Pixabay


2.Minum teh bisa membantu mengurangi risiko serangan jantung.(http://news.bbc.co.uk/2/hi/health/5281046.stm)
 Teh juga dapat membantu (http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0300483X09006040) melindungi terhadap penyakit kardiovaskular dan penyakit degeneratif.(https://journals.lww.com/jhypertension/pages/articleviewer.aspx?year=2009&issue=04000&article=00017&type=abstract) (http://www.i-sis.org.uk/Green_Tea_The_Elixir_of_Life.php)

mengurangi risiko serangan jantung
Mengurangi Risiko Serangan Jantung. Pixabay

3.Teh membantu melawan radikal bebas. Teh kaya akan kapasitas penyerapan radikal oksigen (“ORAC” bagi teman-temannya), yang merupakan cara yang bagus untuk mengatakan bahwa teh membantu menghancurkan radikal bebas (yang dapat merusak DNA) dalam tubuh. Sementara tubuh kita dirancang untuk melawan radikal bebas sendiri, mereka tidak 100 persen efektif - dan karena kerusakan dari ninja oksigen radikal ini telah dikaitkan dengan kanker, penyakit jantung dan degenerasi neurologis, http://www.webcitation.org/query?url=http%3A%2F%2Fwww.ars.usda.gov%2FSP2UserFiles%2FPlace%2F12354500%2FData%2FORAC%2FORAC07.pdf&date=2009-05-23)

Teh membantu melawan radikal bebas
Teh membantu melawan radikal bebas. Pixabay

4.Teh menghidrasi tubuh (Walaupun kafein!).(http://news.bbc.co.uk/2/hi/health/5281046.stm)

5.Minum teh dikaitkan dengan risiko penyakit Parkinson yang lebih rendah. Ketika dipertimbangkan dengan faktor-faktor lain seperti merokok, aktivitas fisik, usia dan indeks massa tubuh, minum teh secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit Parkinson pada pria dan wanita.
(http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17712848)

Parkinson dapat menyerang pria maupun wanita
Parkinson dapat menyerang pria maupun wanita. Image by belajatiraihanfahrizi on Pixabay

6.Minum teh secara teratur mungkin juga menangkal beberapa efek negatif dari merokok dan bahkan mungkin mengurangi risiko kanker paru-paru. (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/14519830) (http://www.medicalnewstoday.com/articles/10566.php)

Meminum teh mengurangi efek dari merokok
Meminum teh mengurangi efek dari merokok. Pixabay


7. Teh bisa bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2. Studi menunjukkan bahwa senyawa dalam teh hijau dapat membantu penderita diabetes memproses gula dengan lebih baik.(http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2855614/)

8.Teh dapat membantu tubuh pulih dari radiasi. Satu studi menemukan bahwa teh membantu melindungi terhadap degenerasi seluler setelah terpapar radiasi, sementara yang lain menemukan bahwa teh dapat membantu kulit bangkit kembali setelah paparan.(http://www.cbsnews.com/stories/2006/12/04/earlyshow/contributors/emilysenay/main2224186.shtml) (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22521723)

9. Teh hijau dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan mineral tulang.(http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22749181)

Teh hijau dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan mineral tulang
Teh hijau dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan mineral tulang.Pixabay


10. Teh mungkin menjadi agen yang efektif dalam pencegahan dan pengobatan penyakit neurologis, terutama penyakit degeneratif (seperti Alzheimer). Sementara banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan otak, polifenol dalam teh hijau dapat membantu menjaga bagian otak yang mengatur pembelajaran dan daya ingat.(http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22692966)

Teh mungkin menjadi agen yang efektif dalam pencegahan dan pengobatan penyakit neurologis, terutama penyakit degeneratif (seperti Alzheimer).
Teh mungkin menjadi agen yang efektif dalam pencegahan dan pengobatan penyakit neurologis, terutama penyakit degeneratif (seperti Alzheimer). Pixabay



(http://healthland.time.com/2012/09/04/13-reasons-to-love-tea/)


Manfaat Teh Berdasarkan Jenis Teh

Semakin banyak daun teh diproses, biasanya semakin sedikit kandungan polifenolnya. Polifenol termasuk flavonoid. Teh oolong dan hitam dioksidasi atau difermentasi, sehingga memiliki konsentrasi polifenol yang lebih rendah daripada teh hijau; tetapi kekuatan antioksidan mereka masih tinggi.

Inilah yang beberapa penelitian telah temukan tentang manfaat kesehatan potensial teh:

  • Teh hijau /Green Tea : Dibuat dengan daun teh kukus, memiliki konsentrasi EGCG yang tinggi dan telah dipelajari secara luas. Antioksidan teh hijau dapat mengganggu pertumbuhan kanker kandung kemih, payudara, paru-paru, lambung, pankreas, dan kolorektal; mencegah penyumbatan arteri, membakar lemak, menangkal stres oksidatif pada otak, mengurangi risiko gangguan neurologis seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson, mengurangi risiko stroke, dan meningkatkan kadar kolesterol.
  • Teh hitam / Black Tea : Dibuat dengan daun teh fermentasi, teh hitam memiliki kandungan kafein tertinggi dan membentuk dasar untuk teh rasa seperti chai, bersama dengan beberapa teh instan. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh hitam dapat melindungi paru-paru dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan asap rokok. Ini juga dapat mengurangi risiko stroke.
  • Teh putih / White Tea: Tidak diawetkan dan tidak difermentasi. Satu studi menunjukkan bahwa teh putih memiliki khasiat antikanker yang paling kuat dibandingkan dengan teh yang diproses lebih banyak.
  • Teh oolong / Oolong Tea: Dalam sebuah penelitian pada hewan, mereka yang diberi antioksidan dari teh oolong ditemukan memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah. Satu jenis oolong, Wuyi, banyak dipasarkan sebagai suplemen penurun berat badan, tetapi sains belum mendukung klaim tersebut.
  • Teh pu-erh / Pu-erh Tea : Terbuat dari daun fermentasi dan tua. Dianggap sebagai teh hitam, daunnya ditekan menjadi kue. Satu studi pada hewan menunjukkan bahwa hewan yang diberi pu-erh memiliki kenaikan berat badan lebih sedikit dan mengurangi kolesterol LDL.

Perbedaan dan Macam-macam Teh
Perbedaan dan Macam-macam Teh. http://www.kaitea.com/blog/what-is-real-tea/

https://www.webmd.com/diet/features/tea-types-and-their-health-benefits#1

Itu dia beberapa manfaat teh yang telah dirangkum masharist.com, semoga bermanfaat. Jangan lupa share ya, terima kasih.

No comments:

Post a Comment

LATIHAN SOAL CAT CPNS dan P3K TES INTELEGENSI UMUM BAGIAN VERBAL

Assalammualaikum wr.wb Selamat pagi teman-teman. Pada kesempatan kali ini masharist.com akan membagikan  LATIHAN SOAL CAT CPNS dan P3K TE...