Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Ampuh Menjadi Karyawan Teladan di Kantor

Menjadi karyawan teladan di kantor merupakan impian semua orang. Namun masih banyak orang yang bingung bagaimana cara atau langkah-langkah yang harus dilakukan agar bisa menjadi karyawan teladan di kantor mereka. Oleh karena itu masharist.com akan membahas beberapa cara yang bisa dilakukan agar menjadi karyawan teladan di kantor yuk disimak.

8 Cara Ampuh Menjadi Karyawan Teladan di Kantor. Pixabay



1. Disiplin

Hal pertama yang perlu diperhatikan untuk menjadi seorang karyawan teladan adalah disiplin. Disiplin di sini terutama pada saat masuk kantor dan dalam menyelesaikan tugas. Pada saat masuk kantor, diusahakan agar 15 menit atau 10 menit sebelum waktu masuk sudah berada di kantor. Meskipun terlambat 1 detik terlambat tetap terlambat oleh karena itu harus diupayakan sekuat tenaga bagaimana supaya tidak terlambat dan tepat waktu.

Pegawai yang rajin dan tepat waktu akan memiliki nilai plus di mata atasan. Begitu pula pada saat jam pulang kantor apabila atasan masih di ruangannya nya,sebaiknya meminta izin untuk pulang walaupun itu memang hak kita untuk pulang. Hal ini menunjukkan sifat kesopanan terhadap atasan kita.



2. Hormat dan Sopan Terhadap Atasan Serta Rekan Sejawat


Hormat disini bukan berarti selalu salam dan menyapa setiap kali bertemu dengan atasan atau sejawat. Tapi pintar-pintar menempatkan diri dalam setiap pembicaraan. Kapan harus bercanda kapan serius.



3. Tidak Mudah Tersinggung

Dalam bekerja kita akan menemui berbagai macam kepala, sifat, watak dari berbagai macam orang. Untuk itu perlu agar tetap profesional dan tidak mudah terbawa perasaan karena apabila sudah terbawa perasaan profesionalisme menjadi berkurang.



4. Dapat Mengemudikan Kendaraan Baik Roda Dua atau Roda Empat


Dalam bekerja ada kalanya kita disuruh untuk mengemudikan kendaraan oleh atasan. Bisa jadi  karena suatu hal yang sangat penting. Maka kita wajib untuk bisa menguasai kendaraan roda dua baik kopling, manual atau matic serta roda empat baik mobil manual ataupun matic.



5. Menguasai Basic Komputer Seperti Microsoft Word Excel Powerpoint serta Menguasai Dasar Komputer Tanpa Harus Melihat Google


Penting bagi kita untuk bisa menguasai aplikasi atau software dasar dalam perkantoran dan juga menguasai dasar-dasar komputer tanpa harus mencari di Google. Dasar-dasar disini seperti menginstal aplikasi software printer, scanner, mengatasi crack software dan sebagainya tanpa harus melakukan searching terlebih dahulu di Google. Penting juga bagi kita untuk memiliki sebuah hardisk yang berisikan master software-software.



5. Selalu Memiliki Sejumlah Uang di Dompet dan Memiliki Aplikasi Mobile Banking di Handphone


Adakalanya dalam situasi tertentu atasan ingin mengirimkan uang tetapi dia malas ke ATM atau beliau memiliki uang di ATM tetapi tidak punya uang cash. Maka disinilah peran kita akan sangat membantu beliau maupun sebaliknya.



6. Menjaga Rahasia Perusahaa, Jabatan dan Atasan


Menjaga rahasia sangat penting bagi seorang karyawan karena tidak semua hal bisa diceritakan ke orang luar dan ada beberapa hal yang orang tidak boleh tahu atau bahkan berbahaya bila sampai diketahui oleh orang luar dan mengakibatkan perusahaan hancur.



7. Tidak Money Oriented


Dalam bekerja mungkin salah satu tujuan kita adalah orientasi uang atau ekonomi. Hal ini tidak salah namun maksud di sini tidak money oriented adalah tidak hanya bekerja bila ada uangnya saja. Misalnya bila diiming-imingi uang terlebih dahulu baru rajin, sifat yang seperti ini tidak disukai oleh atasan malah kita bisa dicap mata duitan. Bekerjalah dengan ikhlas dan sesuai prosedur yang berlaku insya Allah rezeki akan datang.



8. Berdoa kepada Yang Maha Kuasa


Pada akhirnya sebagai manusia kita hanya bisa berikhtiar dan berusaha semaksimal mungkin, namun yang menentukan tetap Allah subhanahu wa ta'ala. Karena pada akhirnya Dia jualah yang menentukan.



Itu dia 8 tips dari masharist.com semoga membantu.

Post a comment for "8 Cara Ampuh Menjadi Karyawan Teladan di Kantor"