Monday, 25 February 2019

Asyiknya Berwisata ke Johor Part 1

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ وَسَلِّم

Halo semuanya. Kali ini masharist.com akan membahas tentang wisata ke Johor. Indonesia merupakan negara kepulauan yang berbatasan dengan beberapa negara, antara lain Malaysia, Singapura, Papua Nugini, Timor Leste dan Filipina. Diantara negara-negara tersebut ada sebuah negara yang disebut Negeri Jiran. Menurut KBBI Jiran /ji·ran/ n 1 orang yang tinggal sebelah-menyebelah atau dekat (sekitar) rumah; tetangga: -- yang terdekat; 2 negara tetangga, misalnya Malaysia atau Brunei Darussalam. Salah satu wilayah dari Negeri Jiran khususnya Malaysia, yang dekat dengan Indonesia adalah Johor. Yuk disimak kelanjutannya.



Johor


Sekilas Tentang Johor


Siapa yang tak kenal Johor, Johor merupakan salah satu negara bagian Malaysia. Apalagi bagi warga negara Indonesia yang tinggal di daerah sekitaran Kepulauan Riau, tentu tidak asing lagi dengan Johor. Bagi masyarakat Kepulauan Riau pergi ke Johor seperti pergi ke kota sebelah. Dapat diumpakan seperti orang Jakarta pergi ke Bogor. Ya, sangat dekat. Tapi perlu di ingat, tidak ada macet saat kita pergi ke Johor dari Kepulauan Riau.

Kata Johor yang kita kenal sekarang berasal dari Bahasa Arab. Hal ini dikarenakan pada zaman dahulu banyaknya pedagang arab yang berdagang rempah-rempah yang mana pada kala itu cukup terkenal di wilayah tersebut. Kata Johor berasal dari kata Arab "Jauhar". Kata Jauhar sendiri memiliki arti "Perhiasan Berharga" atau dalam Bahasa Inggris "Precious Stones". Johor juga dikenal sebagai "The Land End" atau "Gangganu" oleh Bangasa Siam, yang berarti "Batu Berharga".

Bendera Negeri Johor

Pada zaman dahulu yaitu pada abad ke 16 dan 17 masehi Johor dikenal sebagai pusat perdagangan di wilayah Kepulauan Riau dan Melaka. Johor di masa kini berbatasan dengan Melaka, Pahang dan Singapura. Johor merupakan salah satu negara bagian yang cepat berkembang dan maju di Malaysia.

Johor terkoneksi dengan Singapura melalui jalur darat yang melintasi Selat Johor. Dan mencakup  luas wilayah sebesar 18.986 km^2. Di wilayah ini juga terdapat bagian paling selatan dari dari daratan Asia yaitu, Tanjung Piai.

Masyarakat yang menempati wilayah Johor terdiri dari etnis Melayu, Cina, India serta beberapa etnis minoritas lainnya. Mayoritas masyarakat di wilayah bergama Islam. Bahasa yang digunakan di wilayah ini adalah Melayu dan Inggris. Wilayah ini dipimpin oleh seorang Sultan.

Di wilayah ini terdapat berbagai macam destinasi wisata yang menarik. Mulai dari wisata alam, budaya dan seni, sejarah bahkan kuliner. Banyak juga bangunan bersejarah di wilayah ini. Seperti disinggung sebelumnya bahwa mayoritas masyarakatnya beragama Islam, maka sangatlah mudah menemukan makanan halal disini. Pada bagian pertama ini, akan masharist.com bahas tentang wisata alam yang ada di Johor, selamat membaca guys.

Wisata Alam di Johor


Endau-Rompin National Park/ Taman Nasional Endau-Rompin

  • Deskripsi Singkat

Taman Nasional ini terletak diantara dua buah wilayah negara bagian Malaysia yaitu sebagian wilayah selatan Pahang dan bagian utara dari Johor. Memiliki luas wilayah kurang lebih 92.000 Ha. Untuk wilayah daratan mencakup area seluas 48.905 Ha. Taman ini merupakan rumah bagi satwa -satwa yang hampir punah, seperti badak sumatera, tapir, gajah, harimau, babi hutan, monyet, rusa, siamang, beruang madu, musang serta binturong. Selain fauna, juga terdapat flora-flora langka diantaranya Livistona Endaunensis. Livistona Endaunensis merupakan tanaman endemik di Semenanjung Malaysia. Memiliki bentuk seperti pohon palem pada umumnya akan tetapi daunnya seperti kipas. Ada sekitar 26 km jalur hutan yang berada di taman nasional ini. Yang paling menjadi favorit disini adalah perjalanan dari Kuala Jasin ke Batu Hampar dan juga Buaya Sangkut.



Air Terjun Buaya Sangkut, malaysianorchidinsitu.

  • Menarik Untuk dilakukan

  1. Camping di dalam hutan, sembari menikmati burung dan hewan-hewan bernyanyi di hutan.
  2. Mengunjungi dan berinteraksi dengan Orang Asli atau penduduk asli yang bersahabat. Orang asli yang dalam Bahasa Inggris biasa disebut dengan Indigenous People
  3. Menikmati Piknik di air terjun, salah satu air terjun yang terkenal adalah Buaya Sangkut
  4. Menguji nyali dengan berpetualang dengan menaiki 4 x 4 off road
  5. Merasakan nikmatnya keindahan alam dengan menyusuri sungari dengan menggunakan sampan.

Pemandan Alam di Taman Nasional Endau-Rompin, Google Maps oleh Ahmad Fadly

  • Taman Nasional Ini Memiliki 3 Pintu Masuk Yaitu :

  1. Melalui Kampung Peta, Kahang, Kluang, Johor. Taman Negara Johor Endau Rompin (Peta) .Kampung Peta merupakan sebuah perkampungan orang Hulu. Para wisatawan dapat menaiki sebuah kapal kecil dari Kampung Peta menuju kawasan Perkemahan Kuala Jasin. Waktu yang dibutuhkan sekitar 40 menit. Untuk sampai ke kawasan Air Terjun Buaya Sangkut, para wisatawan dapat berjalan kaki kurang lebih enam jam dari Kawasan Perkemahan Kuala Jasin.
  2. Felda Selendang, Kuala Rompin, Pahang. Taman Negeri Endau Rompin, Pahang.
  3.  Kampung Selai, Bekok, Segamat, Johor. Taman Negara Johor Endau Rompin (Selai)

Salah Satu Pintu Masuk Endau-Rompin National Park, Google Maps oleh  Kwanweng Leong

  • Kontak yang Dapat dihubungi


Johor National Parks Corporation
Tel : 07 266 1301

Endau-Rompin National Park, Kahang Office
Tel : 07 788 2812

National Parks (Johor) Corporation
Alamat : JKR 475, Bukit Timbalan, Johor, Malaysia
Tel : +607 223 7471
Faks : +607 223 1033

Johorparks.gov.my
Tel : +607 922 2875

Gugusan Kepulauan Sibu


  • Deskripsi Singkat

Bagi para pecinta wisata tropis, Kepulauan Sibu adalah surganya. Pantai yang membentang seluas mata memandang, jernihnya air laut yang berwarna kebiruan sangatlah memikat hati para wisatawan. Konon katanya, pada zaman dahulu ada pertampuran antar kapal bajak laut dan kapal lainnya. Banyak juga sisa kapal keram dan juga sisa pertempuran lainnya. Kepulauan Sibu terdiri dari beberapa pulau yaitu, Pulau Sibu Besar, Sibu Tengah, Sibu Kukus dan juga Pulau Sibu Hujung. Pulau-pulau ini merupakan surganya para penikmat pantai. Pada umumnya wisatawan berasal dari Johor dan juga Singapura. Di sini wisatawan dapat bersantai di pinggrian pantai. Bagi para penikmat olahraga air, pulau ini juga menyediakan berbagai aktivitas antaralain snorkelling, windsurfing, sailing dan kayaking. Terumbu karang juga merupakan salah daya tarik di pulau ini. Selain itu para wisatawan dapat mengunjungi keramba ikan atau ikut menangkap ikan bersama para nelayan dan warga tempatan.

Pemandangan Pulau Sibu, Image by Faixal on Pixabay

  • Menarik Untuk Dilakukan

  1. Bersantai menikmati indahnya pantai.
  2. Melakukan aktivitas olahraga air, seperti snorkeling, windsurfing, sailing dan kayaking. Snorkeling dan scuba diving di Pulau Kukus merupakan suatu pilihan yang bagus. Pulau ini dapat ditempuh menggunakan speed boat selama 20 menit dari Pulau Sibu Besar. Dengan alam yang masih terjaga banyak spesies ikan yang berada di pulau ini. Spesies ikan di pulau ini antara lain, belut moray, ikan pari tutul biru, box fish, Nudibranchia, ikan kelelawar bibir merah, hiu perawat, kuda laut, ikan pari manta, hiu karang sirip hitam, barakuda, hiu perawat, hiu tutul dan lain-lain.
  3. Memancing di keramba atau memancing bersama masyarkat tempatan di laut. Bagi para wisatawan yang memiliki hobi memancing hal seperti ini tidak boleh dilewatkan.
  4. Membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Buah tangan merupakan hal yang harus dibawa saat kita pergi liburan. Buah tangan atau oleh-oleh diberikan kepada kerabat maupun keluarga dekat
  5. Melihat masyarakat tempatan untuk melihat langsung proses pengasapan dari kelapa menjadi kopra.

Peralatan Snorkeling, Image by 21025 on Pixabay

  • Rute ke Kepulauan Sibu

Untuk ke Pulau-pulau Sibu, kapal berangkat dari Tanjung Leman Jetty. Waktu yang dibutuhkan untuk pergi ke pulau-pulau tersebut berbeda-beda tergantung jauh dekatnya resort. Biasanya waktu yang dibutuhkan berkisar antara 30 hingga 40 menit.



  • Kontak yang Dapat Dihubungi


Johor Marine Park Information Centre in Mersing

Tel : +607 799 1161

Gunung Ledang National Park / Taman Nasional Gunung Ledang


  • Deskripsi Singkat

Taman Nasional Gunung Ledang merupakan salah satu taman nasional yang cukup terkenal di Malaysia. Dalam Bahasa Inggris, Gunung Ledang memiliki nama Mount Ophir. Hal utama yang membuat Gunung Ledang terkenal terutama terkait dengan legenda Putri Gunung Ledang. Cerita Putri Gunung Ledang bercerita tentang seorang putri yang cantik. Suatu ketika ada seorang Raja hendak meminangnya. Orang itu adalah Sultan Melaka. Akan tetapi sang putri tidak ingin menikah dengan sang Sultan Melaka. Maka, sang putri memberikan syarat yang tidak masuk akal pada sang Sultan. Sang Putri mengisyaratkan sang Sultan Melaka mempersembahkan tujuh guci air mata wanita, tujuh baki jantung nyamuk, dan yang terakhir ia meminta sang Sultan Melaka memberikan tujuh mangkuk darah putra sang Sultan. Pada akhirnya, permintaan tak masuk akal ini tak dapat ia penuhi. Setelah itu pergilah sang putri. Ia melarikan diri ke Gunung Ledang. Disana ia tingal dan bersembunyi. Hingga kini konon katanya ia masih tinggal disana.

Pemadangan Gunun Ledang dari Kejauhan, Google Maps oleh ib saian

Gunung dengan ketinggian 1,276 m diatas permukaan laut ini, menyediakan berbagai flora dan fauna yang sangat memikat hati. Tak hanya itu saja, Gunung Ledang juga memiliki air terjun yang sangat memukau hati. Air terjun ini terletak di kaki gunung. Ianya bernama Air Terjun Sagil. Salah satu hal yang menarik dari Gunung Ledang adalah pemandangan dari puncak gunung. Jika hari cerah, dan tak ada awan atau kabut yang menghalangi, para wisatawan dapat memanjakan mata mereka dengan pemandangan Selat Melaka. Tak hanya itu saja, mereka bahkan dapat melihat garis pantai Pulau Sumatera. Bagi kalian yang suka hiking dan petualangan. Gunung Ledang merupakan tempat yang tepat untuk melepaskan hasrat mendaki gunung yang tersimpan jauh di dalam sanubari jiwa kalian.

Salah Satu Pemandangan Menarik di Gunung Ledang, Google Maps oleh Yi Zhi Hoo

  • Menarik Untuk Dilakukan

  1. Menikmati hiking ke puncak Gunung Ledang, sembari memanjakan mata dengan flora dan fauna yang terdapat di Taman Nasional Gunung Ledang
  2. Mencapai puncak Gunung Ledang, dan mengagumi ciptaan Yang Maha Kuasa.
  3. Mengabadikan momen di puncak Gunung Ledang.
  4. Bersantai serta pikinik di kaki Gunung Ledang, di tepi Air Terjun Sagil. Air Terjun Sagil merupakan tempat yang cukup populer bagi para pendaki Gunung Ledang.

Hiking Hingga ke Puncak Gunung Ledang, Google Maps oleh Radien Krowry

  • Kontak yang Dapat Dihubungi


Johor Tourist Information Centre
Tel : +607 224 2000

Pantai Desaru/ Desaru's Beaches


  • Deskripsi Singkat


Bagi kalian pantai lover, dan butuh Vitamin-sea. Pantai Desaru merupakan salah satu opsi yang tepat. Pantai Desaru merupakan pantai yang bersih. Warna putih dari pasir pantainya sangat menarik untuk dipandang mata para wisatawan. Bagi yang sudah terpaku akan keindahannya akan kembali kesana untuk melihatnya sekali lagi.

Para pecinta kegiatan outdoor, Pantai Desaru merupakan pilihan yang tepat. Pantai yang sangat bersih, diiringi pohon cemara laut yang ditanam di pinggirnya sepanjang 25 km. Menjadikan pantai ini destinasi wisata yang akan membuat para wisatawan menikmati liburan mereka. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan memancing, berenang ataupun boating. Semua bisa dinikmati dipantai ini.

Nikmati keindahan pantainya sembari mendengar deru ombak dan suasana angin sepoi-sepoi yang menyegarkan di tepi pantai. Tak perlu risau tentang tempat menginap. Banyak hotel serta resort disekitar pantai. Dan tak perlu juga risau tentang berbagai akomodasi lainnya.

Pantai Desaru dari Udara, Photo by M.Fildza Fadzil on Unsplash

  • Menarik Untuk Dilakukan


  1. Menikmati angin sepoi-sepoi yang sejuk ditepi pantai, diiringi lantunan suara ombak yang berlomba-lomba sampai ke pantai
  2. Memanjakan tubuh dengan sinar matahari atau sunbathing.
  3. Menyusuri pantai bersama rekan-rekan
  4. Memancing, berenang ataupun menjelajahi laut dengan speed boat. Atau kegiatan outdoor lainnya.

Pemandangan di Tepi Pantai Desaru, Google Maps oleh Shailful Ilham Shaon

  • Kontak yang Dapat Dihubungi


Tourism Malaysia Johor

Alamat Kantor :
L3-26 Aras 3, Bangunan JOTIC, 2 Jalan Ayer Molek, Johor Bahru 80000, Johor, Malaysia

Telepon : +607-222 3590/ 3591
Fax: +607-223 5502
Email: mtpbjhb@tourism.gov.my


Tanjung Piai National Park/ Taman Nasional Tanjung Piai


  • Deskripsi Singkat


Tanjung Piai National Park atau Taman Nasional Tanjung Piai merupakan salah satu Taman Nasional yang dimiliki Malaysia yang terletak paling selatan dari daratan asia. Di sini Taman Nasional ini juga ada monumen "The Southernmost Tip of Mainland Asia". Taman Nasional ini terletak sekitar 90 km arah selatan dari pusat kota Johor Bahru. Taman Nasional ini terdiri dari pohon-pohon bakau atau mangroves. Tanaman Bakau ini merupakan rumah dari hewan-hewan laut. Dan juga hutan bakau ini juga bermanfaat sebagai pemecah gelombang, sehingga mengurangi abrasi yang akan terjadi pada daratan.

Monumen Tanjung Piai, Google Maps oleh Tanjung Piai Johor National Park

Di Taman Nasional ini, para wisatawan memiliki kesempatan untuk melihat berbagai keindahan flora dan fauna yang memiliki habitat di hutan bakau ini. Hutan Bakau juga rumah dari Lutung. Lutung memiliki nama Bahasa Inggris Dusky Leaf Monkey atau nama latinnya Trachypithecus obscurus. Jika para wisatawan beruntung, mereka bisa melihat Trachypithecus obscurus ini berkeliaran di antara pepohonan. Selain itu ada juga hewan lainnya yang tak kalah menarik yaitu Macaca Fascicularis atau biasa disebut dengan monyet kra atau monyet ekor panjang. Dalam Bahasa Inggris hewan ini memiliki nama long-tailed macaques. Hewan ini dapat berkeliaran dan dapat kita jumpai dengan mudah di hutan bakau ini. Ada juga biota air yang tak kalah menarik yaitu belankas  tutul biru atau biasanya orang menyebutnya dengan ikan tembakul tutul biru. Nama latinnya Boleophthalmus pectinirostris dalam Bahasa Inggris bernama The blue-spotted mudskippers. Bagi para wisatawan yang merupakan pecinta anime atau kartun Pokemon, mereka bisa melihat mudkip dunia nyata. Hewan ini berkeliaran bebas di sekitaran pohon-pohon bakau.

Trachypithecus obscurus Akan Memiliki Bulu Kuning Saat Masih Kecil, sumber https://www.aboutanimals.com/mammal/dusky-leaf-monkey/

Untuk flora ada salah satu tanaman endemik atau asli dari taman nasional ini. Tanaman itu adalah Paku Piai Raya atau Acrostichum aureum. Nama Tanjung Piai sendiri diambil dari nama tanaman ini.
Taman Nasional Tanjung Piai ini dikelola oleh Johor National Park Corporation. Mungkin bila di ibaratkan di Indonesia, taman ini dikelola oleh Dinas Pariwisata Johor. Hutan bakau membentang sejauh 8 km di garis pantai. Tahukah kamu, bahwa hal itu menjadikannya yang terpanjang di wilayah Asia Tenggara. Untuk masuk ke taman nasional ini, hanya ada satu pintu masuk. Yaitu melalui Desa Sri Piai. Yang mengharuskan pengunjung dan wisatawan untuk berkendara, dan dengan begitu mereka bisa sampai lebih dekat dengan National Park Visitors Complex atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan Komplek Pengunjung Taman Nasional. Tempat ini merupakan wilayah paling ujung dari daratan Asia. Jangan lewaktan kesempatan untuk mengambil dokumentasi disini.
Para pengunjung dan wisatawan disarankan agar menggunakan pakaian yang longgar, sepatu yang nyaman, serta topi. Hal ini dikarenakan cuaca bisa sangat panas saat siang hari. Jangan lupa untuk membawa kamera serta teropong untuk memanjakan mata dengan berbagai flora dan fauna yang bertebaran di Taman Nasional Tanjung Piai ini.

 Acrostichum aureum atau Lebih dikenal Dengan Nama Paku Piai Raya, Wikimedia

Johor National Park Corporation juga membangun boardwalk yang terbuat dari kayu. Boardwalk ini mengarah ke beberapa tempat. Diantaranya menara pengawasan atau observation tower, gazebo atau menara pengamatan dan podium tempat memancing. Tak hanya sampai disitu, ada satu jetty yang dibangun jauh menjorok ke laut, merupakan lokasi yang cocok untuk menikmati indahnya sunset (matahari terbit). Dan ada satu hal lagi yang menarik, pada hari yang cerah dari jety para pengunjung dan wisatawan dapat melihat Pulau Pisang, salah satu pulau yang merupakan bagian dari negara kita, Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ini membuat kita sadar, betapa dekatnya kita dengan Negeri Jiran kita, Malaysia. Intinya Taman Nasional Tanjung Piai merupakan tempat yang mantul (mantap betul) untuk kita yang hilang merehatkan diri dan pikiran dari hiruk pikuk pekerjaan.

Boardwalk yang Berada di Tanjung Piai, Image by CikguWan on Pixabay

  • Kontak yang Dapat Dihubungi


Tourism Malaysia Johor

Alamat Kantor:
L3-26 Aras 3, Bangunan JOTIC, 2 Jalan Ayer Molek, Johor Bahru 80000, Johor, Malaysia

Telepon: +607-222 3590/3591
Fax: +607-223 5502
Email: mtpbjhb@tourism.gov.my


Pulau Kukup Johor National Park / Taman Nasional Pulau Kukup Johor


  • Deskripsi Singkat


Pulau Kukup adalah salah satu pulau yang telah mendapat perhatian dunia internasional. Pulau Kukup merupakan satu diantara Hutan Mangrove/ Bakau yang tidak berpenghuni atau uninhabited yang  ada di dunia. Pulau Kukup juga berada di perairan wilayah Johor. Dari dunia internasional Pulau Kukup dianugerahi status 'Wetland of International Importance' (RAMSAR site) oleh Biro Konvensi Ramsar yang berbasis di Jenewa. Konvensi Ramsar internasional berkaitan dengan pemanfaatan lahan basah secara berkelanjutan atau sustainable. Diberi nama Ramsar, dikarenakan konvensi ini ditandatangani di kota Ramsar. Salah satu kota yang terletak di Iran, pada tahun 1971.

Pulau Kukup, Google Maps oleh  현한수

Ada sebuah folklore atau cerita masyrakat setempat bahwa pada dulunya hiduplah lima orang putri bunian. Bagi yang asing dengan kata bunian, menurut KBBI arti kata bunian adalah makhluk halus;siluman. Mereka berlima mendiami Pulau Kukup. Suatu hari, satu dari lima putri itu jatuh cinta dengan seorang pedagang dan berencana akan menikah dengannya. Akan tetapi cintanya tak direstui oleh ke empat puteri lainnya. Karena cinta mereka tak direstui, puteri tersebut kawin lari dengan pedagang itu. Karena marah maka puteri-puteri itu bersepakat untuk melenyapkan pulau itu, maka tenggelamlah pulau itu oleh air laut. Beberapa tahun kemudian Pulau Kukup muncul kembali ke permukaan dan ditumbuhi Pohon-pohon bakau. Banyak yang mencoba untuk hidup di pulau ini, tapi pada akhirnya mereka menyerah dan meninggalkan pulau ini tak berpenghuni. Konon katanya hal ini terjadi karena pulau ini ditempati oleh makhluk-makhluk halus.Pulau Kukup adalah rumah dari berbagai macam fauna. Ada beberapa fauna yang mendiami pulau ini. Diantaranya babi hutan, ikan tembakul atau belangkas, dan juga monyet. Pulau Kukup merupakan taman nasional yang tepat bagi para wisatawan dan pengunjung yang ingin memanjakan dan membenamkan dirinya dalam kecantikan, keindahan serta kesenangan dalam menikmati ekosistem mangrove/bakau alami.


Hutan Bakau/ Mangrove, Google Maps oleh Liau Derrick

  • Menarik Untuk Dilakukan

  1. Melihat dengan mata sendiri keindahan ekosistem mangrove
  2. Berpetualang di salah satu Pulau, yang sudah diakui di dunia internasional oleh Ramsar

Ekosistem Mangrove, Google Maps oleh Willian Beh

  • Kontak yang Dapat Dihubungi


Pulau Kukup Johor National Park

Alamat Kantor
Lot 139, Mukim, Air Masin,  82300 Kukup, Pontian, Johor, Malaysia

Telepon: +607-696 9355
Fax: +607-696 9366

Pulau Aur


  • Deskripsi Singkat


Bagi para pecinta diving, Pulau Aur adalah destinasi yang tepat. Pulau yang merupakan pulau yang ada di wilayah Mersing. Selain itu, ada juga Pulau Dayang, Pulau Lang dan Pulau Pinang. Kesemua pulau-pulau itu merupakan destinasi yang memikat hati bagi para pecinta surga bawah laut. Banyak biota-biota laut yang hidup di pulau-pulau ini. Dalamnya laut disekitar pulau, menjadi patokan bahwa lautnya memiliki air jernih, sehingga dapat memanjakan mata. Para penyelam sering datang ke pulau ini untuk diving. Dan juga pulau ini cukup populer diantara para penyelam akhir pekan. Bagi para penyelam, jangan lupa untuk menikmati menyelam diantara karang-karang, karang yang besar terletak di ujung selatan akhir dari Pulau Aur dan Pulau Pinang. Tak hanya itu, bagian atas dari karang bisa dijumpai pada kedalaman 12 m dengan kelandaian melebihi 25 m. Yang pastinya sangat tepat bagi para pecinta surga bawah laut.

Keindahan Pulau Aru, Google Maps oleh Noru Razak

Untuk para pecinta olahraga memancing, dapat menguji nyali mereka dengan mengikuti  perburuan ikan marlin atau ikan gergaji yang lebih dikenal dengan nama sailfish. Banyak para pemancing mencoba peruntungan mereka untuk berburu ikan-ikan ini. Perburuan dilakukan di luar area marine park island. Untuk mereka yang tidak terlalu hobi diving atau memancing jangan cemas, karena banyak juga disewakan yachts pribadi atau kapal pesiar kecil yang berlabuh di antara Pulau Aur dan Pulau Dayang yang mana airnya tenang.

Kebahagiaan Saat Memancing, Google Maps oleh Noru Razak


  • Menarik Untuk Dilakukan



  1. Menyelam atau diving melihat keindahan biota laut.
  2. Mengikuti perburuan memancing ikan marlin dan selfish.
  3. Berlayar di sekitar pulau menggunakan yacht
  4. Menikmati suasana tepi pantai di Pulau Aur

Menikmati Pemandangan di Tepi Pantai Pulau Aur, Google Maps oleh Edmond Cheok

  • Kontak yang Dapat Dihubungi


Tourism Malaysia Johor

Alamat Kantor : L3-26 Aras 3, Bangunan JOTIC, 2 Jalan Ayer Molek, Johor Bahru 80000, Johor, Malaysia

Telepon: +607-222 3590/3591
Fax: +607-223 5502


Kota Tinggi Waterfall/ Air Terjun Kota Tinggi


  • Deskripsi Singkat


Bagi kalian penikmat air terjun atau waterfall, air terjun ini patut dicoba. Destinasi ini merupakan tempat yang cocok untuk mereka yang nature lover. Banyak burung-burung dan serangga di sekirtar air terjun. Untuk yang ingin bermalam disini bisa bermalam di Kota Tinggi Waterfalls Resort. Wisatawan dan pengunjunf akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan menyegarkan. Tempat ini merupakan pilihan yang nyaman,menenangkan serta tepat bagi mereka yang ingin merehatkan diri sejenak dari hiruk pikuk kota. Air sungai yang sejuk juga tempat yang ideal untuk berenang dan juga piknik. Air terjun ini terletak di kaki Gungung Muntahak. Air terjun ini jatuh dari ketinggian 34 m dari gunung.

Air Terjun Kota Tinggi, Google Maps oleh Ho Hao Yi Dave

  • Menarik Untuk Dilakukan


  1. Menikmati keindahan air terjun
  2. Berenang di sungai
  3. Piknik dengan teman atau keluarga, sembari menikmati indahnya alam
  4. Bermalam di Kota Tinggi Waterfalls Resort.
Bermalam di Kota Tinggi Waterfalls Resort, Google Maps oleh iqbal abdullah


  • Kontak yang Dapat Dihubungi


Tourism Malaysia Johor

Alamat Kantor:
L3-26 Aras 3, Bangunan JOTIC, 2 Jalan Ayer Molek, Johor Bahru 80000, Johor, Malaysia

Telepon : +607-222 3590/3591
Fax: +607-223 5502
Email: mtpbjhb@tourism.gov.my

Penutup

Terimakasih telah membaca artikel 'Asyiknya Berwisata ke Johor Part 1' untuk Part 2 nya akan segera dibahas. Ditunggu ya. Assalammualaikum wr wb.

Sumber

http://ebrochures.malaysia.travel
https://www.johornationalparks.gov.my
dan beberapa situs lainnya yang tak dapat disebut satu-persatu.

No comments:

Post a Comment

LATIHAN SOAL CAT CPNS dan P3K TES INTELEGENSI UMUM BAGIAN VERBAL

Assalammualaikum wr.wb Selamat pagi teman-teman. Pada kesempatan kali ini masharist.com akan membagikan  LATIHAN SOAL CAT CPNS dan P3K TE...