Monday, 25 March 2019

5 Manfaat Lemon yang Jarang Diketahui

Siapa yang tak tahu lemon, lemon merupakan buah yang sering kita temui sehari-hari. Lemon digunakan dalam berbagai bumbu masakan, minuman bahkan obat tradisional. Tahukah kamu, bahwa lemon memiliki manfaat lain yang tak diketahui? Masharist.com akan membahasnya. Selamat membaca.

5 Manfaat Lemon yang Jarang Diketahui
5 Manfaat Lemon yang Jarang Diketahui.
Photo by Lukas from Pexels


1.Lemon Mempunyai Antioksidan yang Dapat Melawan Radikal Bebas


Antioksidan adalah mekanisme pertahanan tubuh melawan radikal bebas. Radikal bebas bila dijelaskan dengan bahasa ilmiah akan sedikit ribet dan sulit dipahami. Intinya Radikal bebas adalah hal yang menyebabkan penyakit dan antioksidanlah yang melawannya. Salah satu diantara sekian banyak antioksidan adalah lemon. Bila ada yang menganjurkan minum air perasan lemon untuk mencegah penyakit maka hal itu adalah hal yang tepat dan benar. Karena hal itu sudah teruji. Dan perlu juga diketahui juga bahwa lemon impor lebih tinggi antioksidannya daripada lemon lokal.

Lemon Mempunyai Antioksidan yang Dapat Melawan Radikal Bebas
Lemon Mempunyai Antioksidan
yang Dapat Melawan Radikal Bebas. Pixabay

2.Air Perasan Lemon Memperlambat Perkembangan Bakteri Penyebab Jerawat


Dari penelitian yang dilakukan, ternyata air perasan lemon memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri Propionibacterium acnes atau bakteri penyebab jerawat. Aktivitas antibakteri 1 mg air perasan buah jeruk lemon setara dengan 2,967× 10˗6 mg klindamisin.

Air Perasan Lemon Memperlambat Perkembangan Bakteri Penyebab Jerawat
Air Perasan Lemon Memperlambat
Perkembangan Bakteri Penyebab Jerawat. 
Pixabay

3.Air Perasan Lemon Dapat Memutihkan Gigi


Dalam penelitian dilaboratorium, waktu perendaman 8 jam, 24 jam, 48 jam, dan 72 jam berpengaruh terhadap peningkatan warna gigi. Hal ini dikarenakan lemon mengandung Asam Malat yand diduga dapat membantu melarutkan noda pada gigi.


Air Perasan Lemon Dapat Memutihkan Gigi
Air Perasan Lemon
Dapat Memutihkan Gigi. Pixabay

4.Infused Water Lemon dan Anggur Hitam Memiliki Antioksidan Paling Tinggi


Pada sebuah penelitian yang membandingkan antara tiga macam jeruk (nipis, lemon dan jeruk baby) dan bahan tambahan (stroberi, anggur hitam, dan kiwi) makan kombinasi antara lemon dan anggur hitam memiliki anti oksidan paling tinggi bila dibandingkan dengan kombinasi buah lainnya.

Infused Water Lemon dan Anggur Hitam Memiliki Antioksidan Paling Tinggi
Infused Water Lemon dan Anggur Hitam
Memiliki Antioksidan Paling Tinggi. Pixabay

5.Jus Lemon Dapat Menurunkan Kadar Asam Urat Pada Lansia


Pada usia tua, asam urat pada umumnya terjadi pada wanita. Tapi bukan berarti laki-laki tidak mengalami asam urat. Salah satu penyebab asam urat adalah pola makan yang kurang sehat. Dari studi kasus di suatu panti asuhan, diketahui bahwa kadar asam urat berkurang setelah mengkonsumsi jus lemon.

Jus Lemon Dapat Menurunkan Kadar Asam Urat Pada Lansia
Jus Lemon Dapat Menurunkan
Kadar Asam Urat Pada Lansia. Pixabay

Itu dia 5 manfaat lemon yang jarang diketahui versi masharist.com semoga bermanfaat. Untuk yang penasaran sumber nya dari mana, silahkan klik link dibawah ya. Terimakasih.

Sumber:
1. Sumber 1
2. Sumber 2



EmoticonEmoticon