Saturday, 16 March 2019

Info Wisata Anambas Terlengkap Part 1

Anambas adalah nama salah satu Kabupaten yang terdapat di Provinsi Kepulauan Riau. Nama lengkapnya adalah Kabupaten Kepulauan Anambas. Masharist.com akan membahas tentang info wisata lengkap di Anambas. Silahkan disimak guys.


Pemandangan yang sangat bagus...saya sangat suka kepulauan anambas, Google Maps Review
Wisata Anambas
Wisata Anambas. Google Maps



 

Sejarah Singkat

Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan pemekaran dari Kabupaten Natuna. Kapupaten Anambas terbentuk melalui Undang-Undang No.33 Tahun 2008 lebih tepatnya tanggal 24 Juni 2008. Kabupaten ini memiliki 6 kecamatan yang terdiri dari Kecamatan Siantan,  Kecamatan Siantan Timur, Kecamatan Siantan Selatan, Kecamatan Palmatak, Kecamatan Jemaja dan Kecamatan Jemaja Timur. Lalu berdasarkan Keputusan Bupati Kabupaten Natuna Nomor 17 Tahun 2008, ditambahkan satu kecamatan lagi yaitu Kecamatan Siantan Tengah. Ibu kota Kabupaten Kepulauan Anambas berkedudukan di Tarempa Kecamatan Siantan. Memiliki luas wilayah 590,14 km persegi. Bagi yang penasaran tentang wisata alam di Anambas, selamat membaca ya.
Kembali ke Daftar Isi

 

 Pantai Padang Melang


Festival Padang Melang
Festival Padang Melang. Google Maps


Pantai Padang Melang merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak diminati oleh para wisatawan yang berkunjung ke Anambas. Pantai ini merupakan salah satu pantai di Provinsi Kepulauan Riau yang memiliki garis pantai terpanjang. Panjang garis pantainya kurang lebih 8 Kilometer. Pantai ini terletak di dua wilayah Kelurahan Letung dan Desa Bukit Padi. Sepanjang pantai ini, ditaburi oleh hamparan pasir berwarna putih yang halus dihiasi oleh nyiur hijau disepanjang pantai dan juga birunya air laut. Banyak wisatawan yang terpesona dengan betapa luar biasanya pantai ini.

....Festival Padang Melang (FPM)....

Area berenang yang luas dan bersih terbuat dari karang, dan juga restoran yang menyajikan makanan enak serta air kelapa yang segar juga menjadi favorit wisatawan. Pantai ini juga cocok untuk dijadikan tempat wisata untuk liburan keluarga. Pantai ini juga terletak tidak jauh dari Bandara Letung. Selain itu juga terdapat wifi gratis alias free wifi. Sehingga memudahkan wisatawan dan pengunjung untuk mengupdate keindahan pantai ini di dunia maya. Banyak juga yang menjadikan pantai  ini sebagai lokasi untuk menenangkan diri dari rutinitas ibu kota.


Pantai Padang Melang dari Atas
Pantai Padang Melang dari Atas. Google Maps


Di pantai ini juga diadakan event Festival Padang Melang (FPM) yang diadakan setiap tahun dan diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas. Banyak juga para peserta yang datang dari mancanegara. Akan tetapi berdasarkan cerita masyarakat tempatan, pantai ini tergolong sepi. Hal ini dikarenakan sulit dan terbatasnya akses ke pantai ini. Bagi yang ingin menginap di pantai ini, juga ada tempat peristirahatan. Para wisatawan juga akan ditemani nyiur hijau sepanjang pantai.

Cara Berkunjung ke Pantai Padang Melang



Dari Jakarta

Dari Jakarta para pengunjung dapat berangkat dari Jakarta ke Tanjung Pinang melalui transportasi udara. Kurang lebih waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam 14 menit. Dari Tanjung Pinang selanjutnya menempuh perjalanan menggunakan kapal feri atau pesawat kecil. Jika menggunakan kapal feri, dibutuhkan waktu sekitar 7 jam hingga sampai ke pelabuhan letung. Dari pelabuhan dibutuhkan waktu sekitar 30 menit melalui rute Letung-Kuala Maras.

Untuk rute kedua, para pengunjung dapat menggunakan pesawat kecil, yaitu Express Air atau Susi Air dari Tanjung Pinang. Apabila menggunakan Express Air, wisatawan akan mendarat di Bandara Matak, di Kecamatan Matak. Untuk ke Pantai Padang Melang, harus menaiki kapal feri lagi kurang lebih satu jam ke pelabuhan Letung. Lalu dari pelabuhan Letung menggunakan transportasi darat yang disewakan oleh penduduk lokal.

Apabila menggunakan Susi Air, maka para wisatan juga bisa berangkat dari Batam dan langsung ke Bandara Letung, dan dibutuhkan waktu kurang lebih 45 menit untuk sampai ke Bandara Letung. Untuk pergi ke Pantai Padang Melang, para pengunjung dapat menggunakan sepeda motor atau mobil dari Bandara Letung. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit melalui rute Letung-Kuala Maras.

Festival Padang Melang 2018
Festival Padang Melang 2018. Google Maps


Dari Batam, Tg. Pinang dan sekitarnya

Rute yang dilalui sama dengan rute dari Jakarta. Intinya para wisatawan harus pergi ke Batam atau Tg.Pinang terlebih dahulu. Lalu dari sana pergi ke Tarempa atau Letung. Untuk pergi ke Pantai Padang Melang, para pengunjung dapat menggunakan sepeda motor atau mobil dari Letung. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit melalui rute Letung-Kuala Maras. Dari Tarempa ke Letung, kalian dapat menggunakan kapal ferry dan membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Di pantai ini tidak ada pelabuhan, sehingga para pengunjung harus melewati Letung terlebih dahulu.
Kembali ke Daftar Isi

Pulai Durai


Pulau Durai adalah salah satu pulau di Anambas yang cukup menarik. Keindahan alamnya sangat memukau hati. Pulau ini terletak di Kemcatan Palmatak. Pulau ini memiliki hamparan pasir putih yang membentang luas ditemani birunya air laut yang jernih serta nyiur yang membentang sepanjang pulau. Selain itu pulau ini juga merupakan tempat konservasi penyu. Terutama dari jenis penyu belimbing dan penyu sisik. Hamparan pasir putih merupakan tempat penyu-penyu bertelur. Oleh karena itu banyak yang menyebut pulau ini dengan sebutan Pulau Penyu. Musim bertelur penyu-penyu ini adalah antara bulan Mei hingga bulan Agustus.

....menetas dengan sempurna dan menjadi tukik

Pulau Durai
Pulau Durai. Google Maps

Setelah para penyu bertelur di pantai, telur-telur ini akan dipindahkan ke tempat penangkaran hingga menetas. Hal ini dilakukan agar telur penyu dapat menetas dengan sempurna dan menjadi tukik. Seperti yang diketahui, banyak predator yang mengincar telur penyu serta pencurian telur penyu untuk konsumsi juga menjadi salah satu alasannya. Tempat penangkaran telur, berupa bidang pasir yang luas. Tempat ini dilengkapi anyaman dari kawat untuk melindungi dari predator. Setelah menetas menjadi tukik selanjutnya dibawa ke pantai untuk dilepaskan ke laut. Hal ini dilakukan demi melestarikan kelangsungan hidup penyu-penyu. Selain itu, para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas bawah laut seperti scuba diving, snorkeling, dan juga memancing di tepi pantai.

Penyu Bertelur di Pulau Durai.
Penyu Bertelur di Pulau Durai. Sumber Istimewa

 

 Cara Berkunjung ke Pulau Durai


Bagi para wisatawan yang ingin pergi ke Pulau ini dapat pergi melalui Tarempa dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam. Untuk pergi ke Tarempa,
para wisatawan dapat menggunakan kapal feri atau pesawat melalui Batam atau Tg. Pinang.
Kembali ke Daftar Isi

 

Pulau Mengkian Panjang


......pantainya yang kian memanjang
Pulau Mengkian Panjang merupakan tempat yang cukup diminati masyarakat Anambas. Nama Mengkian Panjang diambil dari nama pantainya yang kian memanjang. Pulau ini terletak di Kecamatan Siantan Timur. Bila dilihat dari atas pemandang pulau ini sangat indah. Pulau ini masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia. Anugerah Pesona Indonesia merupakan Ajang Pariwisata Terpopuler Indonesia yang diadakan setiap tahun dan didukung oleh Kementerian Pariwisata RI. Obyek dan Tujuan Wisata Terpopuler di Indonesia akan diberi penghargaan.

Mengkian Panjang
Mengkian Panjang. sumber istimewa


Banyak masyarakat yang pergi berlibur ke tempat wisata ini. Pantai yang terdapat di pulau ini terhampar putih bersih kurang lebih dua kilometer. Garis pantai di pulau ini berbentuk melengkung menyerupai bulan sabit juga menjadi keunikan tersendiri. Dan tak hanya itu di beberapa bagian pulau ini juga bertaburan bebatuan hitam besar yang menghiasi pulau ini. Sedangkan di tengah pulau ini ditumbuhi pepohonan rindang yang dapat dijadikan tempat berteduh dari terik matahari. Pulau ini juga memiliki keindahan alam bawah laut yang tak kalah menawan. Perairan pulau ini dihiasi ikan warna-warni serta terumbu karang yang masih alami. Tak hanya pantai indah dan juga keindahan bawah laut yang menarik, pulau ini juga memiliki savana kecil yang jarang di temui di pulau-pulau lain. Para pengunjung juga dapat menikmati pemandangan dari atas bukit yang sangat menakjubkan. Para wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan di pulau ini. Seperti snorkeling, memancing, bermain pasir serta berenang.

Pantai Mengkian Panjang
Pantai Mengkian Panjang. Sumber istimewa


Cara Berkunjung ke Pulau Mengkian Panjang


Untuk berkunjung ke pulau ini, para wisatawan dapat menggunakan transportasi laut yaitu pompong. Dari Tarempa, atau ibu kota kabupaten dibutuhkan waktu sekitar 30 menit. Para wisatawan dapat menyewa pompong pada masyarakat setempat dengan harga yang variatif.


Pulau Mengkian Panjang
Pulau Mengkian Panjang. Sumber istimewa

Kembali ke Daftar Isi

 

Tarempa 


 ................di Pulau Siantan
Tarempa merupakan ibu kota Kabupaten Kepulauan Anambas. Lokasinya terletak di Pulau Siantan. Untuk pergi ke pulau-pulau lain, Tarempa juga merupakan salah satu pintu masuk ke berbagai tempat menarik di Kepulauan Anambas. Terdapat banyak pantai-pantai indah di pulau ini. Dan pusat administrasi berada di Pulau Siantan ini.


Tarempa dari Udara
Tarempa dari Udara. Google Maps

 

Cara Berkunjung ke Tarempa


Para wisatawan dapat menggunakan transportasi laut maupun transportasi udara untuk sampai ke tempat ini.

1. Pesawat


Di Pulau Siantan tidak terdapat bandara. Sehingga para wisatawan harus menaiki pesawat lalu melanjutkan perjalanan laut. Para wisatawan dapat menggunakan maskapai Wings Air, Express Air dan Susi Air.
Wings Air dapat diakses melalui Bandara Hang Nadim Batam dengan tujuan Bandara Letung. Wings Air tersedia pada Senin, Rabu dan Jumat. Dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Sedangkan Express Air dapat diakses melalui Tanjung Pinang yaitu Bandara Raja Ali Haji Fisabilillah (RHF) dengan tujuan Bandara Matak. Pesawat berangkat setiap hari kecuali hari minggu. Dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam.
Untuk Susi Air, waktu keberangkatan tidak tentu. Oleh karena itu harus dihubungi terlebih dahulu. Setelah sampai di bandara dilanjutkan dengan menaiki kapal laut dari Letung atau Matak dengan waktu tempuh kurang lebih tiga jam. Untuk harga tiket, harga Express Air rata-rata Rp 900 ribu rupiah sedangkan Wings Air Rp 600 ribu rupiah.

Tarempa
Tarempa. Google Maps


2. Kapal Feri.


Kapal feri tersedia di Pelabuhan Punggur,Batam dan juga Sri Bintan Pura, Tanjung Pinang. Tujuannya adalah Pelabuhan Letung dan Tarempa. Dari Batam ke Letung dan Tarempa dapat menaiki Kapal Feri Blue Sea Jet dengan waktu tempuh berkisar antara 6-8 jam. Berangkat pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu sekitar pukul 06.00 WIB. Sedangkan berangkat dari Anambas ke Batam pada hari Senin, Rabu, Dan Jumat pada jam yang sama. Harga tiketnya sekitar Rp 450 ribu.

Sedangkan dari Tanjungpinang-Anambas, dapat menaiki Seven Star Island dan MV VOC ke Tarempa dan Letung. Kapal ini beroperasi secara bergantian selama seminggu, yaitu hari Senin, Rabu dan Jumat.

3. Kapal Pelni dan Perintis


Kapal Pelni dapat diakses dari Pelabuhan Kijang, Bintan ke Anambas. Kapal yang digunakan adalah KM Sabuk Nusantara dan Bukit Raya. Untuk jadwal para pengguna harus terus memantau update terus ke kantor Pelni menjelang keberangkatan. Untuk kapal perintis juga memiliki waktu yang tidak tetap juga. Untuk waktu yang dibutuhkan lebih lama dua kali lipat bahkan lebih dari waktu kapal feri. Hal ini dikarenakan sering berhenti di berbagai pulau. Untuk harga jauh lebih murah berkisar Rp 100 ribu.
Kembali ke Daftar Isi

 

Pulau Penjalin


...teluk kecil melengkung mirip bulan sabit
Salah satu pulau yang paling indah di Anambas adalah Pulau Penjalin. Pulau ini terletak di Desa Tebagn, Kecamatan Palmatak. Memiliki luas 1.552,9 Km2. Pemandangan pulau ini juga sangat menawan. Pulau yang cantik ini, memiliki kontur yang unik, memiliki terumbu karang alami dan juga dikepung bentangan laut yang biru. Pasir di pantai berwarna putih, bebukitan hijau dan bebatuan juga turut memperindah pulau ini. Para wisatawan dapat menikmati kegiatan seperti bersampan, berenang, dan juga snorkeling. Salah satu pantai yang indah yang terdapat di pulau ini adalah Tanjung Momong. Para wisatawan dapat menikmati keindahan sunsetnya disini ditemani hamparan pasir sejauh 1 kilometer. Para wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan menarik disini seperti berenang, trekking, diving, memancing dan snorkeling. Pulau Penjalin juga memiliki teluk kecil melengkung mirip bulan sabit. Tak hanya itu, di tepi teluk ini juga ada batu alam dalam berbagai bentuk.

Pulau Penjalin
Pulau Penjalin. Sumber istimewa


 

Cara Berkunjung ke Pulau Penjalin


Para wisatawan dapat menggunakan transportasi laut untuk bisa sampai kesini. Diantaranya ada speed boat dan pompong. Pompong merupakan sampan atau kapal kecil yang terbuat dari kayu. Dibandingkan speed boat, pompong jauh lebih lambat. Dari Tarempa ke Pulau Penjalin apabila menggunakan pompong membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam. Namun apabila menggunakan speed boat hanya sekitar 1,5 jam saja.


Keindahan Pulau Penjalin
Keindahan Pulau Penjalin. Sumber istimewa

Kembali ke Daftar Isi

 

Pulau Pasir Busung


...daratan pasir tanpa ada rumput atau pohon 
Menurut KBBi busung/bu·sung/ memiliki arti 1 gembung atau menjadi besar berisi cairan (tentang perut); 2 gembung karena penuh berisi (tentang susu, dada, saku, dan sebagainya); 3 tanah yang membukit; timbunan pasir di muara dan sebagainya. Pulau ini dinamakan Pulau Busung karena pulau ini merupakan sebuah pulau kecil yang berupa seonggok daratan pasir tanpa ada rumput atau pohon diatasnya. Pulau pasir ini menyembul di tengah indahnya laut Anambas. Pasirnya berwarna putih bersih dan halus. Luasnya seluas lapangan bola kaki. Ada juga yang menyebutnya dengan Pulau Gusung. Pulau Busung terletak tidak jauh dari Pulau Penjalin. Uniknya pulau ini, kita hanya dapat menemukannya ketika air sedang surut. Dan pada saat seperti itula bentuknya yang seperti daratan pasir ditengah laut dapat kita lihat. Kapal-kapal dapat bersandar saat Pulau Busung muncul dan dapat menikmati berfoto serta berenang disekitar sini.

Pulau Busung
Pulau Busung. Sumber istimewa

 

Cara Berkunjung ke Pulau Pasir Busung


Untuk berkunjung disini, dibutuhkan waktu yang tepat. Yaitu pada saat air surut. Pulau ini dapat ditemui ditengah laut, tidak jauh dari Pulau Penjalin. Dapat ditempuh menggunakan kapal/speed boat.
Kembali ke Daftar Isi

 

Pulau Rengek


sara yang muncul seperti rengekan
Pulau Rengek terletak tidak jauh dari Tarempa. Hanya membutuhkan waktu 15 menit menggunakan speed boat. Pantainya memiliki pasir yang putih dan juga bersih. Menurut orang tempatan apabila suara pasir di pantai bila diinjak akan menimbulkan suara. Suara yang muncul seperti rengekan. Oleh karena itu pulau ini dinamakan Pulau Rengek. Luas pulau ini hanya sekitar 10 meter persegi. Namun bila airnya surut, maka akan terlihat besar karena hamparan pasirnya meluas. Posisi pulau ini membelakangi lautan lepas, pantainya berada dibagian depan. Pulau ini juga memiliki hutan tropis yang cukup rindang. Di bagian kiri pulau terdapat karang yang menjadi tempat ikan mencari makan. Oleh karena itu menjadikannya tempat yang cocok untuk memancing. Lautan disini cukup dangkal, sehingga cocok untuk berenang.

Pulau Rengek
Pulau Rengek. Sumber istimewa

Cara Berkunjung ke Pulau Rengek


Pulau ini dapat dijangkau dari Tarempa, ibukota Kabupaten Kepulauan Anambas lebih kurang 15 menit. Para wisatawan dapat menyewa speed boat seharga Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu. Ada macam variasi sewa yang ditawarkan satu hari full atau antar jemput. Speed boat dengan kapasitas delapan orang dapat disewa dengan harga berkisar antara Rp 300- Rp 400 Ribu.
Kembali ke Daftar Isi

 

Pulau Kuku


...pengungsi dari Vietnam. 
Pulau ini berada di Kecamatan Jemaja. Pulau ini merupakan salah satu tempat wisata sejarah di Anambas. Dahulu pada tahun 80-an Pulau Kuku pernah disinggahi oleh pengungsi dari Vietnam. Tak kurang dari 40 ribu pengungsi Vietnam yang melarikan diri ke pulau ini. Mereka melarikan diri dari Vietnam dikarenakan terjadi perang saudara di negara mereka. Dikisahkan bahwa dahulu dalam perjalanan dari Vietnam hingga Jemaja, banyak warga Vietnam yang sakit dan meninggal dunia di Jemaja. Dan di Jemaja lah jenazah mereka di makamkan. Jemaja banyak dikunjungi oleh warga Vietnam, mereka ingin melihat makam keluarga mereka. Bila berkunjung kesana masih banyak peninggalan dari pengungsi Vietnam. Tugu peringatan juga dibangun oleh pemerintah di bibir pantai. Tugu ini berupa perahu, dibuat menggunakan semen beton.


Prasasti Pulau Kuku
Prasasti Pulau Kuku. Sumber istimewa

 

Cara Berkunjung ke Pulau Kuku


Untuk ke Pulau Kuku, wisatawan dapat berangkat melalui Pelabuhan Letung.

Gerbang Pulau Kuku
Gerbang Pulau Kuku. Sumber istimewa

Kembali ke Daftar Isi

 

Air Terjun Temburun


berbatu berundak-undak sebanyak tujuh tingkat
Air Terjun Temburun terletak di Desa Temburun, Kecamatan Siantan Selatan. Mengalir dari puncak tertinggi yaitu 250 meter, airnya langsung tumpah dan mengalir ke laut. Air terjun ini juga memiliki kontur yang unik, yaitu tebing berbatu berundak-undak sebanyak tujuh tingkat. Pada saat di puncak, para wisatawan dapat melihat pemandangan laut dan laguna yang mengagumkan. Disarankan untuk pergi kesana pada musim hujan atau hujan besar hal ini dikarenakan debit air besar. Bila  debit air besar, maka akan lebih mudah untuk berenang di air terjun.


Air Terjun Temburun
Air Terjun Temburun. Google Maps

Namun, bagi yang ingin berjalan di bebatuan, disarankan datang pada waktu airnya kering. Tempat ini cukup mudah dijangkau. Meski mulus, tantangan tetap ada. Yaitu berupa kontur jalan yang banyak mendaki serta menurun. Tikungan juga cukup tajam. Disarankan pergi kesana menggunakan kendaraan dalam kondisi prima. Perlu di ingat, air terjun ini jauh dari bengkel. Oleh karena itu, jangan lupa mengecek kondisi ban, bahan bakar serta rem. Pemandangan yang bagus dari air terjun, sungai kecil dengan aliran air yang masih jernih dan batu-batuan mendominasi sangat menggoda untuk mandi dan berenang. Sehingga pada akhir pekan tempat ini ramai dikunjungi wisatawan dan warga setempat.

Pemandangan Air Terjun Temburun
Pemandangan Air Terjun Temburun. Google Maps

 

Cara Berkunjung ke Air Terjun Temburun


Wisatawan dapat menggunakan kapal pompong dari Tarempa dengan waktu tempuh 30 menit. Selanjutnya berjalan di tanah landai kurang lebih 200 meter bila ingin menjangkau tingkatan ketiga. Untuk mencapai puncaknya, kembali ke jalan menanjak sejauh 200 meter.


Puncak Air Terjun Temburun
Puncak Air Terjun Temburun. Google Maps


Selain itu para wisatawan juga dapat berkunjung menggunakan jalur darat. Yaitu sekitar 20 menit dari kota Tarempa dengan sepeda motor atau ojek.
Kembali ke Daftar Isi

 

Pulau Bawah


Pulau Bawah terletak di Desa Kelabu, Kecamatan Siantan Selatan. Pulau Bawah juga pernah terpilih sebagai The Best Asia’s Top Five Tropical Island Paradises via CNN. Pulau Bawah merupakan salah satu tempat yang menjadi incaran para wisatawan, baik dalam maupun luar negeri. Pulau ini memiliki laguna-laguna yang indah. Banyak para wisatawan asing yang mengatakan bahwa laguna Pulau Bawah, merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Banyak yang menyetarakannya dengan Bora-Bora di Tahiti. Pulau ini memiliki kontur yang unik. Laguna di pulau ini terletak di tengah Pulau ini.

Pulau Bawah
Pulau Bawah. Google Maps
....melabuhkan yacht di tengah laguna....

Tak hanya lagunanya yang indah, pantai, karang, koral, dan bakau semuanya masih alami. Air di lagunanya juga sangat jernih, sehingga wisatawan dapat melihat terumbu karang dengan jelas. Terumbu karang di sekitar pulau ini juga sangat besar dan beragam. Bila air surut, pasir akan muncul di permukaan pulau dan akan membentuk sebuah lingkaran berbentuk cincin, dimana laguna ditengahnya.

Kapal Berlabuh di Laguna Pulau Bawah
Kapal Berlabuh di Laguna Pulau Bawah. Google Maps


Terkadang banyak juga turis yang datang menggunakan yact pribadi. Saat berlabuh, mereka melabuhkan yacht di tengah laguna. Saat berlibur di pulau ini banyak yang merasa seolah memiliki pulau pribadi sendiri di tengah laut. Resort di pulau ini dijalankan oleh PT. Pulau Bawah Island Resort. Sebuah perusahaan yang dikelola oleh orang Australia. Resort di pulau ini menawarkan vila pribadi di pulau dan juga diatas laut. Beberapa binatang langka dapat ditemukan di pulau ini. Seperti ikan hiu, ikan pari, penyu dan iguana. Nelayan lokal dilarang untuk menangkap ikan didaerah ini. Hal itulah yang menjadikan ikan di pulau ini berlimpah. Tak hanya ikan, kelapa di pulau ini juga tidak boleh diambil atau dipanen. Bahkan katanya, kita tidak boleh membunuh nyamuk atau mematahkan ranting yang ada di Pulau Bawah. Pulau berpenduduk terdekat terletak di Kiabu yang terletak di utara Pulau Bawah Kecil. Aktivitas yang dapat kamu lakukan dipulau ini adalah berenang, snorkeling, menyelam, trekking, memancing ataupun menjelajahi pulau ini.


Bawah Laut Pulau Bawah
Bawah Laut Pulau Bawah. Google Maps 

 

Cara Berkunjung ke Pulau Bawah


Bila menggunakan Speed Boat, dari Tarempa dibutuhkan waktu sekitar 4 jam. Namun bila menggunakan pompong (perahu bermotor) dibutuhkan waktu sekitar 7 jam dari Tarempa.

Resort Pulau Bawah
Resort Pulau Bawah. Google Maps

Kembali ke Daftar Isi

 

Pulau Piugus


...menanti sunset.
Dibandingkan pulau-pulau lainnya Pulau Piugus juga tidak kalah menarik, air lautnya yang biru jernih serta nyiur di sepanjang pantai menjadikannya tempat yang berlibur yang nyaman. Pulau ini memang tempat yang cocok untuk yang ingin ketenangan dan kenyamanan serta jauh dari hiruk pikuk. Warna airnya yang masih jernih menjadikannya tempat yang cocok untuk snorkeling. Banyak yang datang ke pulau ini baik untuk menginap maupun sekedar berfoto. Di pulau ini juga merupakan tempat yang cocok untuk menanti sunset. Pulau ini dikelola oleh Piugus Resort. Jam bukanya mulai dari 08.00 pagi sampai dengan 20.00 malam. Dengan harga tiket masuk Rp. 10 ribu. Tak hanya tempat resort yang cantik, makanan disini juga nikmat.

Pulau Piugus
Pulau Piugus. Google Maps

 

Cara Berkunjung ke Pulau Piugus


Dari Desa Ladan di Pulau Matak Anambas (Pulau yang memiliki bandara sendiri), dapat menyewa speedboat dengan waktu tempuh 30 menit atau menggunakan pompong dengan waktu tempuh 1 jam.

Keindahan Pulau Piugus
Keindahan Pulau Piugus. Google Maps
Kembali ke Daftar Isi

 

Pulau Telaga


....gunung yang cukup tinggi...
Pulau Telaga termasuk salah satu pulau unik di Anambas. Di pulau ini terdapat gunung yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan pulau disekitarnya dan inilah salah satu cirinya. Dan Pemandangan alamnya tak kalah mempesona. Lautnya yang berwarna biru, serta pohon kelapa dan juga pasir coklat muda yang halus merupakan pesona tersendiri pulau ini.


Pulau Telaga
Pulau Telaga. Sumber istimewa

 

 Cara Berkunjung ke Pulau Telaga


Dari Tarempa yang berada di Pulau Siantan atau pelabuhan Kuala Maras yang berada di Pulau Jemaja, dapat menggunakan pompong yang beroperasi empat hari dalam seminggu pulang-pergi dengan rute Kuala Maras- Pulau Telaga- Tarempa.
Kembali ke Daftar Isi

 

Pantai Arung Hijau


... tidak ada pasir melainkan hanya bebatuan...
Pantai Arung Hijau termasuk salah spot wisata yang tidak terlalu jauh dari Tarempa. Terletak di Desa Arung Hijau, Kecamatan Siantan Selatan. Berbeda dengan pantai lainnya, di pantai ini tidak ada pasir melainkan hanya bebatuan yang langsung di hempas oleh gelombang. Di pantai ini para wisatawan dapat menikmati pantainya yang indah sembari menikmati es kelapa dan kuliner lainnya di pondok-pondok kecil dari kayu. Pantai ini juga terkenal dengan spot sunsetnya.

Pantai Arung Hijau
Pantai Arung Hijau. Google Maps

 

Cara Berkunjung ke Pantai Arung Hijau


Wisatawan dapat menggunakan sepeda motor atau mobil dari Tarempa, dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.
Kembali ke Daftar Isi


 

Penutup


Untuk sementara, itu dulu yang bisa masharist.com share. Selanjutnya akan masharist.com bahas di lain waktu.
Kembali ke Daftar Isi

 

Sumber 


http://anambas.id/destinations
https://coretanarman.wordpress.com/2018/01/05/menikmati-pasir-berbisik-ala-pulau-rengek-anambas/
http://bangmamadi.blogspot.com/2016/08/11-tempat-wisata-kepulauan-anambas.html
https://menixnews.com/cara-gampang-ke-anambas-dan-transportasinya/
https://kumparan.com/@kumparantravel/indahnya-pantai-padang-melang-mutiara-terbenam-dari-kabupaten-anambas-27431110790555633
http://anambas.id/destinations/9/Padang-Melang-Beach
https://www.haluankepri.com/news/detail/116653/8-destinasi-wisata-anambas-wajib-dikunjungi
https://www.wartakepri.co.id/2018/11/19/anambas-memiliki-banyak-destinasi-wisata-dan-favorit-saat-ini-padang-melang/
http://blog.gogonesia.com/8-destinasi-wisata-anambas-yang-katanya-lebih-indah-dari-raja-ampat/
https://www.idntimes.com/travel/destination/miftakhul-ulumiah/pesona-kepulauan-anambas-kepri-c1c2/full
http://amazinganambas.com/bahasa_pulau_durai.html#axzz5i2gJbbrI
https://disparbud.anambaskab.go.id/blog/pulau-mengkian-panjang-anambas-masuk-anugerah-pesona-indonesia
Ulasan Google Maps
Kembali ke Daftar Isi


EmoticonEmoticon