Tuesday, 5 March 2019

Makanan & Kuliner Khas Melaka yang Harus Kamu Coba

Halo semuanya, beberapa lalu Masharist.com membahas tempat wisata terkenal di Melaka. Bagi yang belum baca silahkan klik disini.Diberbagai tempat wisata, makanan/ kuliner khas juga turut menjadi incaran para wisatawan. Mengapa demikian? Karena mencoba sesuatu yang khas dan hanya ada ditempat itu merupakan suatu keharusan. Karena bersifat unik. Sebagai kota warisan dunia, Melaka tidak hanya kaya akan bangunan-bangunan bersejarahnya saja. Ada juga kuliner yang menjadi daya tarik tersendiri di Melaka. Oleh karena itu, di postingan kali ini masharist.com akan membagikan makanan & kuliner khas Melaka, selamat membaca ya.

Cendol Khas Melaka
Cendol Khas Melaka. Pixabay



  • Asam Pedas


Menurut wikipedia, Asam Pedas merupakan masakan tradisional Minangkabau dimana orang Minang menyebutnya dengan Asam Padeh. Namun dalam perkembangannya masakan ini tersebar di kawasan masyarakat Melayu. Seperti Riau, Jambi, Riau Kepulauan hingga ke Semenanjung Malaysia. Begitu pula dengan Melaka, asam pedas Melaka kuliner yang diminati wisatawan lokal maupun luar karena rasanya yang unik. Berikut adalah beberapa restoran di Melaka yang menawarkan asam pedas khas Melaka.

Gerai Makanan dan Minuman Hjh. Rahmah Hj. Ibrahim Kari Kepala Ikan Bukit Katil


Restoran ini juga dikenal dengan Asam Pedas Hjh. Rahmah. Restoran ini menawarkan berbagai masakan kepala ikan, mulai dari kari hingga asam pedas dan banyak lagi masakan enak lainnya. Restoran ini cukup ramai dikunjungi oleh para pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri. Banyak yang mengatakan bahwa jika kita terlambat sedikit saja, banyak makanan yang sudah habis. Bagi kalian kuliner hunter, restoran ini merupakan tempat yang cocok untuk memanjakan lidah kalian. Saran sedikit dari Masharist.com karena ini restoran luar negeri, jangan lupa menanyakan harganya, pastikan budget kalian pas ya.

Alamat: 1039-1 KM 9 Bukit Katil, 75450 Melaka
CP: Rozita (012-9066370), Hamdan (017-6530939)
Jadwal Buka: 11.30 pagi hingga 05.00 sore setiap hari.

Restoran Hjh Rahmah Kari Kepala Ikan
Hjh. Rahmah Hj.Ibrahim Kari Kepala Ikan. Google Maps oleh Fairuz Rahmad
Asam Pedas Hajah Rahmah
Kepalal Ikan, Menu Spesial di Restoran ini. Google Images oleh Eric Yap

Restoran Asam Pedas Selera Kampung (ASPK)


Salah satu restoran asam pedas yang terkenal lainnya adalah ASPK atau Asam Pedas Selera Kampung. Restoran ini termasuk restoran yang selalu jadi incaran para wisatawan dalam dan luar negeri, tempat yang nyaman dan berbagai pilihan menu merupakan salah satunya. Di restoran ini ada papan menu yang besar, yang ditempelkan di dinding. Sehingga semua pengunjung dapat melihat menu apa saja yang tersedia dan berapa harganya. Bagi yang tidak suka dengan menu ikan, dapat memilih menu lainnya. Kalau ke Melaka jangan lupa ke sini ya.

Alamat: Jalan PM3, Mahkota Square, Bandar Hilir, 75000 Melaka, Malaysia
CP: +60 6-288 1799, 06 283 5516
Jadwal Buka: 07.00 Pagi hingga 06.00 Sore, Setiap hari.

Asam Pedas Selera Kampung
Asam Pedas Selera Kampung. Salah Satu Restoran Favorit di Melaka. Google Maps oleh  Asam Pedas Selera Kampung Sdn Bhd

Suasana Asam Pedas Selera Kampung
Suasana di Restoran Asam Pedas Selera Kampung. Google Maps oleh Asam Pedas Selera Kampung Sdn Bhd

Restoran Asam Pedas Pokok Besar


Satu lagi restoran yang menyajikan asam pedas, yaitu Restoran Asam Pedas Pokok Besar. Restoran ini menawarkan berbagai macam pilihan asam pedas ikan. Namun tak hanya itu, saat menyajikan nasi juga diberikan telur asin. Restoran ini menawarkan  suasana makan outdoor. Banyak para pengunjung yang mengajak keluarganya untuk makan disini. Di sini juga ditawarkan menu kerang, kepala ikan, otak-otak dan sate. Bagi kalian yang ingin mencicipi Asam Pedas Melaka, tempat ini patut dicoba.

Alamat: Jalan Taman Kota Laksamana 6, Taman Kota Laksamana, 75200 Melaka, Malaysia
CP: +60 17-757 6031, 016 612 8997
Jadwal Buka: 06.00 Pagi hingga 04.00 Sore. Buka Setiap hari kecuali senin.

Asam Pedas Pokok Besar
Asam Pedas Pokok Besar. Google Maps oleh Jack Sparrow

makanan di restoran asam pedas pokok besar
Makanan di Restoran Asam Pedas Pokok Besar. Google Images oleh Saif

  • Chinese Food


Selain asam pedas yang merupakan ciri khas masakan melayu. Ada juga masakan khas etnis cina yang memanjakan lidah. Seperti nasi ayam maupun seafood. Masharist.com akan membagikan masakan khas etnis cina yang enak dan pastinya halal. Yuk, disimak.

Ee Ji Ban Chicken Rice Ball


Restoran ini hampir mirip dengan berbagai nasi ayam hainan yang biasa kita lihat. Seperti nasi gurih, lalu potongan ayam yang dibakar atau digoreng. Namun yang membedakan disini adalah nasi yang dibuat seperti bola. Ada berbagai piilihan menu ayam yang bisa dipilih seperti bakar, rebus, atau goreng. Untuk sayuran ada tumis kankung dan tumis lainnya. Bagi yang ragu apakah ini halal atau tidak, jangan takut. Karena di depannya terpampang jelas Halal Malaysianya. Jangan lupa kesini kalau ke Melaka ya.

Alamat: 275, Jalan Melaka Raya 3, Taman Melaka Raya, 75000 Melaka, Malaysia
CP: +60 16-216 5220
Jadwal Buka: 10.00 Pagi hingga 09.30 Malam

Ee Ji Ban Chicken Rice Ball
Ee Ji Ban Chicken Rice Ball. Google Maps oleh Ck Chow
Makanan Ee Ji Ban Chicken Rice Ball
Makanan di Ee Ji Ban Chicken Rice Ball. Google Maps oleh hannuar 88

Bibik House Chendol


Dari tadi kita hanya membahas makanan, nah kali ini kita akan membahas tentang minuman tapi tidak sepenuhnya minuman. Kali ini yang akan dibahas adalah es cendol. Cendol yang ada disini berbeda dengan cendol kebanyakan yang ada di Indonesia. Cendol ini dibuat menggunakan es serut, di dalam mangkok. Lalu ditaburi gula merah dan juga kacang merah. Sedangkan cendolnya terpisah. Sehingga kita harus menunggu esnya cair. Selain cendol biasa atau original ada juga cendol durian. Yang pasti sangat menggoyang lidah. Bibik House Chendol ini juga terletak dekat dengan jonker street.

Alamat: 121, Jalan Hang Jebat, 75200 Melaka, Malaysia
CP: +60 6-288 3919
Jadwal Buka: Senin-Kamis, Pukul 10.30 Pagi hingga 08.00 Malam
Jumat-Minggu, Pukul 10.30 Pagi hingga 12.00 Malam

Bibik House Cendol
Bibik House Cendol. Google Maps oleh Eric Lu

Bibik House Cendol Cendol
 Cendol Bibik House Cendol. Google Maps oleh Jeremy Chan

Makanan Khas Peranakan atau Baba Nyonya


Baba Nyonya merupakan istilah yang digunakan untuk menamai orang peranakan atau istilah yang digunakan oleh para imigran Tionghoa. Pada zaman dahulu orang-orang tionghoa berimigrasi ke Semenanjung Malaysia. Sebutan Baba untuk laki-laki dan Nyonya untuk perempuan.Makanan khas peranakan merupakan perpaduan antara budaya Tionghoa dan budaya Melayu. Karena tinggal di daerah Melayu maka Masakan Peranakan atau Masakan "Nyonya" banyak menggunakan rempah dan bumbu Melayu. Diantara makanan itu adalah Nyonya Laksa, Ayam Pongteh, Popiah (lumpia), Mee Nyonya, ikan goreng chili garam, Sagu Gula Melaka dan Cendol Durian. Salah Satu restoran yang menyajikan masakan ini dan bersertifikat halal adalah Restoran Sri Nyonya.

Restoran Sri Nyonya
Alamat: Hotel Equatorial Melaka, Jalan Parameswara, Bandar Hilir, 75000 Melaka, Malaysia
CP: +60 6-282 8333
Jadwal Buka: Setiap Hari, Pukul 12–2:30 PM

Restoran Seri Nyonya
Restoran Seri Nyonya. Google Maps oleh Anthracius Bacilius
Ayam Pongteh Restoran Seri Nyonya
Ayam Pongteh Restoran Seri Nyonya. Google Maps oleh Chan Hui Ming

  • Jajanan Pasar atau Street Food


Seperti kebanyakan tempat, jajanan pasar sangat diminati oleh para wisatawan. Di Melaka sendiri banyak jajanan pasar yang bisa kita temui. Ada yang biasa kita temui ada juga yang hanya ada di Melaka. Selanjutnya akan di share beberapa jajanan pasar yang unik versi masharist.com. Selamat membaca ya.


Kelapa Muda Kupas Jonker Walk


Siapa yang tak suka kelapa muda. Kelapa muda adalah minuman yang segar, dan juga terdapat daging kelapa lembut yang nikmat. Namun apa yang kalian bayangkan jika disebut kelapa kupas? Pasti terbayang kelapa untuk dibuat santan bukan? Namun jawaban kalian salah, kelapa kupas disini adalah kelapa yang dikupas bersamaan dengan dagingnnya. Maka bisa dibilang air kelapa yang diselimuti oleh dagingnya. Unik bukan? Tak hanya itu, Kelapa Kupas Jonker Walk juga diiringi dengan aksi 'melambung' sehingga dikenal juga dengan Kelapa Lambung. Menarik bukan?

Kelapa Muda Kupas Jonker Walk
Kelapa Muda Kupas Jonker Walk. Photo by Deva Darshan on Unsplash


Jus Tembikai (Natural Watermelon Juice)


Jus Tembikai atau jus semangka, adalah potongan daging semangka yang dipotong lalu diblender dan diberi es. Itulah jus semangka pada umumnya. Namun ada yang berbeda dengan jus tembikai di Melaka ini. Kalian bisa minum jus tembikai nya langsung dari buahnya. Bagaimana bisa? Caranya pertama penjual akan mengeluarkan semangka segar yang sudah direndam dalam air es bulat-bulat. Maksud direndam dalam air es, adalah agar buahnya dingin dan segar. Selanjutnya penjual akan melubangi salah satu sisi semangka, lubang ini akan digunakan untuk memasukkan mixer, nah mixer ini berfungsi menghancurkan daging buah semangka menjadi jus. Lubang ini juga tempat untuk meletakkan sedotan. Lokasinya tepat diseberang Gereja Merah di pusat kota.

Jus Tembikai Natural Watermelon Juice
Jus Tembikai Natural Watermelon Juice. Google Maps oleh Budi Sulis
Minuman Jus Tembikai Natural Watermelon Juice
Minuman Jus Tembikai Natural Watermelon Juice. Google Maps oleh  Budi Sulis
Itu dia beberapa kuliner &makanan khas Melaka yang patut kalian coba versi masharist.com. Semoga bisa mengobati rasa penasaran kalian ya.

sumber: http://ebrochures.malaysia.travel, pengalaman pribadi, dan berbagai info seputar Melaka

No comments:

Post a Comment

LATIHAN SOAL CAT CPNS dan P3K TES INTELEGENSI UMUM BAGIAN VERBAL

Assalammualaikum wr.wb Selamat pagi teman-teman. Pada kesempatan kali ini masharist.com akan membagikan  LATIHAN SOAL CAT CPNS dan P3K TE...