Friday, 22 March 2019

7 Tips Tidak Tidur Setelah Subuh atau Pagi Hari

Setelah kita bangun pada pagi subuh/pagi hari, baik untuk melakukan ibadah solat subuh bagi muslim, maupun sekedar kekamar kecil. Kita ingin agar tidak tertidur kembali, karena banyak hal yang ingin kita lakukan maupun takut kelewatan sehingga bangun lebih siang. Akan tetapi godaan untuk tidur lagi sangat besar, hal ini dikarenakan subuh/pagi hari merupakan waktu yang sangat nyaman untuk melanjutkan tidur. Mulai dari suhu yang sejuk serta suasana yang hening membuat kita ingin tidur kembali. Berikut tips dan trik agar setelah bangun subuh/pagi hari kita tidak tertidur lagi.

Tips Tidak Tidur Setelah Subuh atau Pagi Hari
Tips Tidak Tidur Setelah Subuh atau Pagi Hari. Pixabay



1. Membulatkan Tekad atau Niat


Tanpa tekad dan niat yang kuat kita akan melakukan sesuatu dengan setengah hati. Apabila kita telah membulatkan tekad dan niat agar tidak tidur lagi setelah bangun. Maka Insyallah keinginan kita untuk tidur lagi akan berkurang. 


2. Mandi dengan Air Hangat


Terkadang meskipun tekad kita telat bulat untuk tidak tidur lagi, hal tersebut dapat berubah dikarenakan godaan tidur yang sangat besar. Salah solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mandi dipagi hari dengan air hangat. Mandi dengan air hangat dapat membuat tubuh kita menjadi segar, sehingga rasa kantuk hilang.

Mandi dengan Air Hangat
Mandi dengan Air Hangat. Pixabay

3. Berolahraga Ringan


Bagi mereka yang tidak ingin mandi,berolahraga ringan dipagi hari juga dapat membuat tubuh kita menjadi segar dan menghilangkan rasa kantuk. Olaharaga ringan yang bisa dilakukan seperti joging, push up, sit up dll. Sebaiknya tidak melakukan olahraga yang berat seperti bulu tangkis, bermain bola dll.

Berolahraga Ringan
Berolahraga Ringan. Pixabay

4. Sarapan


Salah satu alasan mengantuk dikarenakan perut lapar, sehingga asupan oksigen ke otak berkurang dan otak menjadi lemas dan akhirnya membuat kita mengantuk. Akan tetapi disarankan agar sarapan dengan porsi dan jumlah gizi yang pas. Apabila makan terlalu kenyang ataupun makan-makanan berat, malah akan membuat tubuh makin mengantuk dan akhirnya kita tidur kembali.

Sarapan
Sarapan. Pixabay

5. Membaca atau Menonton


Selain sarapann ada hal lain yang dapat mengalihkan rasa kantuk kita yaitu dengan membaca atau menonton. Dengan membaca atau menonton di pagi hari indera kita akan aktif mengikuti media yang kita lihat dan dengarkan.

Membaca atau Menonton
Membaca atau Menonton. Pixabay

6. Membereskan Rumah


Masih ingat lagu, dengan lirik "bangun tidur kuterus mandi, tak lupa menggosok gigi habis mandi kutolong ibu membersihkan tempat tidurku", dilirik tersebut ada kalimat "membersihkan tempat tidurku" yang berisi anjuran agar membereskan
rumah kita setelah bangun tidur dan mandi.
Membersihkan Rumah
Membersihkan Rumah. Pixabay

7. Menghirup Air dari Hidung


Ini merupakan satu cara pamungkas dari masharist.com, caranya cukup simpel. Ambil air dengan telapak tangan, lalu hirup sekuat-kuatnya melalui hidung. Lalu keluarkan. Pada saat pertama kali mencoba, akan timbul sedikit rasa perih. Rasa perih ini lah yang akan menghilangkan rasa kantuk kita dan otomatis kepala kita menjadi ringan dan rasa kantuk pun hilang.

Menghirup Air dari Hidung
Menghirup Air dari Hidung. Pixabay

Itu dia 7 Tips Tidak Tidur Setelah Subuh atau Pagi Hari dari masharist.com. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon