9 Manfaat Pepaya Untuk Tubuh

Pepaya memiliki nama latin Carica papaya. Pepaya berasal dari Meksiko dan Amerika Selatan bagian Utara. Pepaya juga telah dibudidayakan di berbagai tempat tropis di belahan dunia. Berikut 9 Manfaat Pepaya Untuk Tubuh. Selamat membaca.

9 Manfaat Pepaya Untuk Tubuh
9 Manfaat Pepaya
Untuk Tubuh. Pixabay



Degenerasi Makula Terkait Usia

Di dalam pepaya terdapat antioksidan yang bermanfaat bagi mata. Antioksidan itu adalah Zeaxanthin. Ia diperkirakan dapat menangkal degenerasi makula terkait usia.

buah pepaya mengandung antioksidan Zeaxanthin
buah pepaya mengandung
antioksidan Zeaxanthin. Unsplash

Pencegahan Asma

Didalam pepaya terdapat nutrisi yang dapat menurunkan resiko terkena asma. Nutrisi itu adalah beta-karoten.

beta karoten pepaya dapat mencegah asma
beta karoten pepaya
dapat mencegah asma.Pixabay

Pencegahan Kanker

Dengan mengkonsumsi beta-karoten yang terdapat pada pepaya dapat menurunkan resiko terkena kanker.

Pencegahan kanker
Pencegahan kanker.
Pixabay

Kesehatan Tulang

Pepaya juga mengandung vitamin K, yang bermanfaat bagi kesehatan tulang. Kekurangan vitamin K meningkatkan resiko terkena patah tulang. 

pepaya membantu kesehatan tulang
pepaya membantu
kesehatan tulang. Pixabay


Diabetes

Satu buah pepaya kecil, dapat mengandung 3 gram serat, dan sama dengan 17 gram karbohidrat. Dalam penelitian apabila penderita diabetes tipe 1 yang mengkonsumsi makanan tinggi serat maka akan memiliki kadar gula darah yang rendah. Sedangkan untuk diabetes tipe 2 meningkatkan gula darah, lipid dan insulin.

Pepaya dapat menurunkan diabetes
Pepaya dapat menurunkan
diabetes. Pixabay

Pencernaan

Pepaya dapat mencegah sembelit dan menjadikan saluran pencernaan sehat. Hal ini dikarenakan pepaya mengandung air dan juga serat. Tak hanya itu pepaya juga mengandung ezim papai yang membantu pencernaan. Enzim Papain dapat membantu protein lebih mudah dicerna.

Pepaya mempersehat pencernaan
Pepaya mempersehat
pencernaan.Pixabay


Penyakit Jantung

Pepaya mengandung kalium, vitamin serta serat yang dapat menangkal penyakit jantung. Untuk mengurangi resiko penyakit kardiovaskular dapat dilakukan dengan peningkatan asupan kalium serta penurunan asupan natrium. Penelitian juga menunjukkan buah yang mengandung likopen tinggi serta vitamin C membantu mencegah penyakit jantung. Anti oksidan pada pepaya juga membantu melindungi jantung dan juga meningkatkan efek baik dari HDL kolesterol.

Pepaya mencegah penyakit jantung
Pepaya mencegah
penyakit jantung. Pixabay


Peradangan

Kolin merupakan salah satu nutrisi yang terdapat pada pepaya. Fungsi dari kolin adalah membantu tubuh kita dalam tidur, pergerakan otot, belajar serta mengingat. Tak hanya itu, kolin juga membantu mempertahankan struktur membran sel, trasnsmisi impuls saraf, penyerapan lemak serta mengurangi peradangan kronis. Penelitian juga menunjukkan buah dan sayur yang kaya antioksidan seperti pepaya membantu mengurangi bercak inflamasi.

Pepaya Mencegah kanker
Pepaya Mencegah
 kanker. Pixabay

Kulit dan Kesehatan

Berdasarkan penelitian pepaya yang dihaluskan bermanfaat untuk meningkatkan penyembuhan luka dan mencegah infeksi pada luka bakar. Para peneliti meyakini, enzim proteolitik chymopapain dan papain bertanggung jawab untuk menyembuhkan luka ini. Selain itu vitamin C dan likopen pada pepaya juga dapat mengurangi gejala penuaan.

pepaya meningkatkan penyembuhan luka
pepaya meningkatkan
penyembuhan luka. Pixabay

Kesehatan Rambut

Pepaya mengandung vitamin A, nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum, yang membuat rambut tetap lembab. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Asupan vitamin C yang cukup, yang dapat disediakan pepaya, dibutuhkan untuk membangun dan memelihara kolagen , yang merupakan dasar pembentukan struktur pada kulit. Sehingga baik untuk kesehatan rambut.

Pepaya meningkatkan kesehatan rambut
Pepaya meningkatkan
kesehatan rambut. Pixabay


Itu dia 9 Manfaat Pepaya Untuk Tubuh  semoga bermanfaat.

Referensi



EmoticonEmoticon