Ini Dia 6 Bahasa Tertua di Dunia

Dalam kehidupan sehari-hari kita menggunakan bahasa untuk berinteraksi. Baik bahasa verbal maupun non verbal. Ada berbagai macam bahasa seperti  bahasa nasional, bahasa daerah, hingga bahasa isyarat yang digunakan oleh teman-teman tuna rungu. Ada ratusan bahkan ribuan bahasa yang digunakan oleh semua manusia. Sama seperti manusia, bahasa juga memiliki umur atau usia. Ada bahasa yang tertua, termuda bahkan punah.Namun dalam kesempatan kali ini akan dibahas 6 Bahasa Tertua di Dunia versi masharist.com. Selamat membaca.

Ini Dia 6 Bahasa Tertua di Dunia
Ini Dia 6 Bahasa Tertua di Dunia. PIRO4D Pixabay 




1. Bahasa Tionghoa atau Chinese (6.000 Tahun)


Bahasa Tionghoa mempunyai penutur sebanyak 1,2 miliar orang di dunia. Bahasa Tionghoa ini merupakan salah satu bahasa tertua di dunia, yang sudah berusia 6.000 tahun. Bahasa ini memiliki banyak dialek yang kompleks. Bahasa Mandarin termasuk dalam kelompok bahasa Tionghoa. Karakter huruf dalam bahasa Tionghoa ini diketahui ditemukan sekitar 3.000 tahun lalu, yang bisa diketahui dari abad 16 hingga 11 Sebelum Masehi, yaitu pada masa pemerintahan Dinasti Shang. Dalam kelompok bahasa Tionghoa, terdapat bahasa Mandarin, Yue, dan Shanghai, yang biasanya digunakan di daerah yang berbeda. Pada tahun 1956 skrip tertulis disederhanakan untuk kemudahan dalam pemahaman.

Bahasa Tionghoa atau Chinese (6.000 Tahun)
 Bahasa Tionghoa atau Chinese (6.000 Tahun). Wikemedia


2.Bahasa Tamil (5.000 Tahun)


Bahasa Tamil memiliki sekitar 78 juta orang penutur yang menggunakannya dan menjadikan bahasa ini sebagai bahasa resmi di Sri Lanka dan Singapura. Di India selain bahasa Sansekerta, bahasa Tamil juga merupakan bahasa resmi yang juga digunakan di negara itu. Prasasti dari abad ke-3 SM telah ditemukan dalah bahasa Tamil

Bahasa Tamil (5.000 Tahun)
Bahasa Tamil (5.000 Tahun). holidify

3. Bahasa Lituania (5000 Tahun)


Bahasa Lituania membentuk bagian dari kelompok bahasa Indo-Eropa, yang melahirkan berbagai bahasa modern seperti Jerman, Italia dan Inggris. Bahasa Lithuania berkaitan erat dengan bahasa Sanskerta, Latin dan Yunani kuno. Oleh karena itu dianggap salah satu bahasa tertua di dunia. Saat ini, Lithuania digunakan sebagai bahasa resmi Republik Lithuania dan juga salah satu bahasa resmi Uni Eropa.

Bahasa Lituania (5000 Tahun)
Bahasa Lituania (5000 Tahun).holidify


4. Bahasa Yunani (2.900 Tahun)


Pada awalnya bahasa Yunani diucapkan di Yunani dan Asia kecil, yang sekarang menjadi bagian dari Turki. Bahasa Yunani adalah bahasa resmi negara Yunani dan Siprus. Bahasa ini memiliki penutur sebanyak 15 Juta orang. Tersebar diberbagai wilayah seperti Yunani dan Siprus, bahkan negara seperti Amerika Serikat dan Australia juga memiliki komunitas besar yang berbahasa Yunani.
Bahasa Yunani memiliki sejarah telah digunakan sebagai bahasa tertulis selama lebih dari 3.000 tahun, yang lebih lama daripada bahasa Indo-Eropa lainnya.

Bahasa Yunani (2.900 Tahun)
Bahasa Yunani (2.900 Tahun). holidify


5. Bahasa Persia (2500 Tahun)


Bahasa Persia atau farsi merupakan bahasa yang digunakan di negara Iran, Afganistan serta Tajikistan. Bahasa Persia yang dikenal sekarang merupakan turunan langsung dari bahasa Persia Kuno yang merupakan bahasa resmi pada Kekaisaran Persia.

Bahasa Persia (2500 Tahun)
Bahasa Persia (2500 Tahun). holidify


6. Bahasa Arab (1500 Tahun)


Bahasa Arab memiliki penutur sebanyak 260 ribu di seluruh dunia. Bahasa Arab juga merupakan bahasa Al-Quran. Bahasa Arab merupakan asal-usul dari berbagai bahasa seperti Urdu dan Melayu. Oleh karena itu banyak sekali kosa kata bahasa Arab yang diserap kedalam Bahasa Indonesia. Seperti abad, abadi, ulama, syariat, zakat dan sebagainya.

Bahasa Arab (1500 Tahun)
Bahasa Arab (1500 Tahun). chzaib pixabay


Itu dia sebagian 6 Bahasa Tertua di Dunia versi masharist.com, semoga bermanfaat dan terus semangat menjalani hidup ini. Assalamualaikum wr. wb

Source : holidify.com and bobo.grid.id

0 Response to "Ini Dia 6 Bahasa Tertua di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel