Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara yang Tepat Dalam Menyimpan Alpukat Mentah maupun Matang

Avokad atau Alpukat merupakan tumbuhan berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Tak hanya itu, ianya juga banyak tumbuh di daerah-daerah tropis termasuk Indonesia. Namun dalam kehidupan sehari-hari, masih banyak yang salah dalam menyimpan alpukat. Berikut cara yang tepat dalam menyimpan alpukat pada saat matang atau mentah.

Alpukat.
Alpukat. Geraldine Dukes from Pixabay 



Cara Menyimpan Alpukat Mentah Agar Matang Sempurna


Biasanya orang-orang membeli alpukat berwarna hijau lalu kemudian memeramnya. Bila belum matang alpukat akan memiliki daging yang keras. Agar cepat matang, alpukat sebaiknya disimpan ditempat yang hangat. Alpukat menghasilkan etilen pada saat dipetik. Zat ini memicu proses pematangan. Oleh karena itu apabila di masukkan ke tempat hangat, zat etilen menjadi pekat dan proses pematangan lebih cepat terjadi. Perlu di ingat agar tidak menyimpan alpukat mentah didalam kulkas bila ingin cepat matang. Karena dengan berada di kulkas akan memperlambat proses pematangan.

Cara Menyimpan Alpukat yang Sudah Matang


Apabila alpukat sudah matang, namun belum ingin kita gunakan ada cara yang bisa dilakukan. Hal ini juga untuk mengantisipasi Alpukat agar tidak terlewat masak atau membusuk. Seperti telah disinggung diatas, bila ingin cepat matang maka di simpan ditempat hangat. Namun untuk menyimpan alpukat yang sudah matang, kita simpan di kulkas. Namun perlu di ingat, kulkas tidak menghentikan proses pematangan namun hanya memperlambat saja. Membekukan alpukat di freezer juga dapat membuat alpukat bertahan lebih lama. Caranya dengan meletakkan alpukat dalam sebuah wadah tertutup, lalu simpan alpukat dalam freezer agar membeku. Alpukat beku bisa bertahan hingga enam bulan tanpa atau hanya sedikit mengalalmi perubahan warna.

Cara Menyimpan Sisa Alpukat yang Sudah Potong/Dibelah atau Digunakan Sebagian


Selanjutnya untuk alpukat yang sudah dibelah, dipotong atau digunakan sebagian dan akan digunakan kemudian.

Pertama berikan air perasan lemon untuk membaluri alpukat lebih dulu agar tidak berubah warna. Keuda meletakkan sisa alpukat dalam wadah tertutup. Terakhir menyimpannya dlam keadaan beku didalam freezer  dan dapat digunakan selama tiga bulan

Resep Es Teler Alpukat

Resep oleh Instagram @immawasis⁣ 

Alpukat, iris2, nangka, potong kotak kecil, kelapa muda, beli aja tempat mamang jualan klamud, tinggal tambah kan air kelapa, susu kental manis dan gula/sirup jika perlu.⁣
Itu dia sebagian tips dari masharist.com, semoga bermanfaat.

Resep Es Teler Alpukat
Resep Es Teler Alpukat


Source : bulletproof.com and bobo.grid.id

Post a comment for "Cara yang Tepat Dalam Menyimpan Alpukat Mentah maupun Matang"