Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-jenis Lapis Permukaan (surface course)

Dalam pembangunan jalan, jalan tidak hanya terdiri dari satu macam lapisan saja.

Diantaranya ada lapisan kaku, lentur atau komposit.

Lapisan lentur juga terdiri dari berbagai macam lapisan. 

Lapisan-lapisan disini merupakan lapisan yang kerap digunakan di Indonesia.

Berikut jenis lapis permukaan yaitu: 

Jenis-jenis Lapis Permukaan (surface course)
Jenis-jenis Lapis Permukaan (surface course)



A. Lapis Aspal Beton (LASTON)
Lapis Aspal Beton (LASTON) atau Asphalt Concrete (AC) merupakan suatu lapisan pada konstruksi jalan yang terdiri dari agregat kasar, agregat halus, filler dan aspal keras, yang dicampur, dihampar dan dipadatkan dalam keadaan panas pada suhu tertentu.

Laston terdiri dari tiga macam lapisan yaitu:
a. Laston Lapis Aus atau Asphalt Concrete - Wearing Course (AC-WC).
b. Laston Lapis Antara atau Asphalt Concrete - Binder Course (AC-BC)
c. Laston Lapis Pondasi atau (Asphalt Concrete- Base atau AC-Base)

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

B. Lapis Penetrasi Makadam (LAPEN)
Lapis Penetrasi Macadam (LAPEN) adalah suatu lapis perkerasan yang terdiri dari agregat pokok dengan agregat pengunci bergradasi seragam yang diikat oleh aspal yaitu dengan cara disemprotkan diatas agregat pokok dan pemadatannya dilakukan lapis demi lapis.

Apabila digunakan sebagai lapis permukaan maka setelah agregat pengunci dipadatkan, selanjutnya diberi siraman aspal kemudian diberi agregat penutup dan dipadatkan.

C. Lapis Asbuton Campuran Dingin (LASBUTAG)
Lapis Asbuton Campuran Dingin (LASBUTAG) merupakan suatu lapis permukaan dengan campuran yang terdiri dari asbuton, agregat kasar, agregat halus, bahan peremaja dan filler (bila diperlukan) yang dicampur, dihampar dan dipadatkan secara dingin.

D. Hot Rolled Asphalt (HRA)
Hot Rolled Asphalt (HRA) adalah lapis penutup yang terdiri dari campuran antara agregat bergradasi timpang atau senjang (gap graded), filler dan aspal dengan perbandingan tertentu, yang dicampur dan dipadatkan dalam keadaan panas pada suhu tertentu.

E. Laburan Aspal (BURAS)
Laburan Aspal (BURAS) adalah lapis penutup terdiri dengan ukuran butir maksimum dari lapisan baspal taburan pasir 9,6 mm atau 3/8 inch.

Fungsinya antara lain sebagai penutup agar permukaan kedap air, tidak licin, tidak berdebu serta mencegah lepasnya butiran halus.

F. Laburan Aspal Satu Lapis (BURTU)
Laburan Aspal Satu Lapis (BURTU) merupakan lapis penutup yang terdiri dari lapisan aspal yang ditaburi dengan satu lapis agregat bergradasi seragam. Tebal maksimum 20 mm.

G. Laburan Batu Dua Lapis
Laburan Aspal Dua Lapis (BURDA) merupakan lapis penutup yang terdiri dari lapisan aspal ditaburi agregat yang dikerjakan dua kali secara berurutan. Tebal maksimum 35 mm.

H. Lapis Tipis Aspal Beton atau Hot Rolled Sheet (HRS)
Lapis Tipis Aspal Beton (LATASTON) adalah lapis penutup yang terdiri dari campuran antara agregat bergradasi timpang, filler dan aspal keras dengan perbandingan tertentu yang dicampur dan dipadatkan dalam keadaan panas pada suhu tertentu. Tebal padat antara 25 sampai 30 mm.

HRS terdiri dari dua yaitu:
a. Lataston Lapis Aus atau Hot Rolled Sheet Wearing Coarse (HRS-WC)
b. Lataston Lapis Pondasi atau Hot Rolled Sheet Base (HRS-Base)

I. Lapis Tipis Aspal Pasir (LATASIR)
Lapis Tipis Aspal Pasir (LATASIR) merupakan lapis penutup yang terdiri dari campuran pasir dan aspal keras yang dicampur, dihampar dan dipadatkan dalam keadaan panas pada suhu tertentu. Berfungsi sebagai lapis aus, penutup serta agar permukaan rata dan tidak licin.

J. Lapis Tipis Asbuton Murni (LATASBUM)
Lapis Tipis Asbuton Murni (LATASBUM) merupakan lapis tipis aspal buton murni yang merupakan lapis penutup, terdiri dri campuran aspal buton dan bahan pelunak dengan komposisi perbandingan campuran tertentu dengan tebal padat maksimum 1 cm.

K. Stone Matrix Asphalt
Stone Matrix Asphalt adalah suatu jenis aspal beton campuran panas dengan material agregat kasar, agregat halus, bahan pengisi, dan aspal yang membentuk mortar atau spesi dengan aspal sebagai bahan pengikat yang dicampur dalam keadaan panas

Itu dia beberapa jenis-jenis lapis permukaan. Semoga bermanfaat buat kita semua. amin

Post a comment for "Jenis-jenis Lapis Permukaan (surface course) "